she.id

Artis Pamer Saldo, Menkeu: Kaya Beneran Ya Bayar Pajak Beneran!

Artis Pamer Saldo, Menkeu: Kaya Beneran Ya Bayar Pajak Beneran!
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto:Kemenkeu)

She - Video viral para selebriti Tanah Air pamer saldo di ATM memang menyita perhatian masyarakat. Mulai dari haters hingga petinggi negeri, ramai-ramai berkomentar.

‘Tren pamer’ itu akhirnya dikomentari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Kantor Pusat Pajak, Jakarta (03/12/19), Sri Mulyani mengaku tidak menyukai apa yang dilakukan para seleb tersebut.

“Kalau orang mau gaya, mbok ya jangan tanggung begitu. Harus kaya beneran. Kaya beneran itu bayar pajaknya beneran. Jadi, kalau dia pamer, kita (Direktorat Jenderal Pajak) juga senang. Oh, berarti orang ini memang tajir beneran,” kata Menkeu, dikutip dari okezone.com.

Beberapa bulan belakangan, seolah menjadi tren para selebriti, termasuk YouTuber, memamerkan jumlah kekayaan mereka yang ada di rekening bank. Mereka datang ke mesin ATM, memasukkan kartu ATM, mengklik tombol informasi saldo, lalu mengambil gambar angka saldo yang tertera di layar ATM. Fantastis!

Sri Mulyani menambahkan, dia tidak suka jika banyak pihak yang bisa memamerkan kekayaannya tapi tidak memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak. Kondisi itu akan merugikan negara.

“Yang enggak senang itu kalau lihat orang pura-pura kaya terus post di media sosial, tapi dia enggak bayar ini, enggak bayar itu. Untunglah masih bisa pamer, tapi hanya pamer di medsos.”

Menkeu pun menyindir kebiasaan masyarakat membeli kendaraan mewah tapi enggan membayar pajak sebagai kewajibannya. Banyak mobil dan motor gede yang disita Ditjen Bea Cukai karena pemiliknya tidak mau membayar pajak.

Mereka yang berniat pamer, tentulah punya uang banyak. Di antara mereka ada Nikita Mirzani, Barbie Kumalasari, dan Billy Syahputra yang masing-masing punya uang di kisaran angka satu milyar rupiah.

Padahal, jika mau melihat ‘ke atas’, para pengusaha ternama di negeri ini, tak pernah sekali pun mereka pamer. Toh, pengamat ekonomi dan publik bisa memprediksi dengan melihat daftar perusahaan yang mereka miliki. Jumlah saldo rekening mereka pasti jauh lebih bombastis dibandingkan saldo para seleb yang hobi memamerkan kekayaan tadi.

Baca Juga: 5 Inspirasi Maternity Shoot Kekinian Untuk Hijabers
5 Seleb Ini Sukses Turunkan BB Puluhan Kilo. Apa Rahasianya?

Entah apa hikmah di balik tren pamer saldo ini, yang pasti Dirjen Pajak tak tinggal diam. Seperti di tahun 2017, petugas pajak mendatangi rumah artis Raffi Ahmad setelah beredar foto dan video mobil mewah Raffi yang diunggah komika Raditya Dika ke media sosial.

Mungkin tidak salah bila masyarakat menilai apa yang dilakukan para selebriti itu adalah semata sensasi. Karena jika bukan sensasi, apa lagi?

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya