she.id

Wajib Tahu, Ini Manfaat Tersembunyi Wudhu Bagi Kesehatan

Wajib Tahu, Ini Manfaat Tersembunyi Wudhu Bagi Kesehatan
ilustrasi air wudhu (sumber: storage.nu.or.id)

She - Berwudhu dengan membasuh wajah hingga kaki menjadi syarat sah salat bagi setiap muslim dan muslimah. Selain bermakna menyucikan, berwudhu ternyata juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

Para ilmuwan menemukan bahwa berwudhu menjadi hal luar biasa bagi perlindungan medis. Setelah bertahun-tahun melakukan penelitian, berbagai manfaat kesehatan pun ditemukan dari berwudu. Berikut ini di antaranya, seperti dilansir dari Parhlo:

Menyegarkan tubuh
Nabi Muhammad SAW merekomendasikan wudhu sebelum tidur. Pakar yoga pun mendorong untuk mencuci tangan, lengan, mata, kaki, mulut dan alat kelamin sebelum tidur dengan air dingin untuk tidur nyenyak.

Reflexo-therapy
Wudhu merangsang ritme biologis tubuh dan secara khusus mirip dengan terapi reflekso Tiongkok. Ini merupakan perawatan yang mencakup hydro-massage dari Biological Active Sports (BASes) yang menjadi stimulasi termal dan fisik.

Mencegah penyakit mikroba
Setelah dilakukan penelitian mikroskopis, dapat dipastikan bahwa hidung yang tidak melakukan wudhu terkena sejumlah besar mikroba berbahaya yang dapat menyebabkan banyak penyakit.

Mengaktifkan sirkulasi darah
Dengan berwudhu, sirkulasi darah jadi lebih lancar karena wudhu dapat mengaktifkan sirkulasi di daerah-daerah terpencil di tubuh.

Baca Juga: Kepala Wanita Ini Terbakar dan Berasap Saat Mengecat Rambut
Wow, Daun Kelor Bisa Sembuhkan Diabetes

Mencegah pneumonia
Sebuah penelitian yang dilakukan di Pakistan menemukan bahwa lebih dari 50 persen infeksi terkait pneumonia pada anak di bawah usia 5 tahun dapat dicegah dengan mencuci tangan dengan sabun. Dan, mencuci tangan yang juga ada dalam ritual wudhu ternyata dapat mengurangi infeksi pernapasan dengan menghilangkan patogen infeksi yang ditemukan di tangan.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya