she.id

Ini Manfaat Vitamin Sea Untuk Kesehatan Mental

Ini Manfaat Vitamin Sea Untuk Kesehatan Mental
Salah satu kawasan pesisir pantai di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. (Foto: derawan.info)

She - Kamu suka dengan suara deburan ombak? Ada kabar baiknya nih, buat kamu yang suka sekali dengan suasana pantai. Menurut penelitian dari data sensus di Inggris yang dipublikasikan dalam Jurnal Health Place, mereka yang tinggal di semenanjung pantai dilaporkan memiliki kesehatan fisik dan mental lebih baik.

Bukan tanpa alasan mengapa deburan ombak di pantai ternyata bisa membuat rileks seseorang. Hal tersebut karena efek suara ombak sangat menenangkan. Suara air mengantarkan manusia ke gelombang otak alpha. Gelombang otak alpha adalah kondisi saat manusia sedang relaks.

Dikutip dari NBC News, Psikolog klinis Richard Shuster, PsyD mengatakan ada beberapa faktor yang berperan menjadikan laut menenangkan bagi otak kita.

Pertama, nuansa biru yang dimiliki laut. Warna biru banyak diasosiasikan dengan perasaan tenang dan damai. Menatap laut sebenarnya bisa mengubah frekuensi gelombang otak kita dan membuat kita berada dalam keadaan meditasi ringan

Kedua, aroma laut. Aroma yang terkandung dalam udara di laut memberikan ketenangan. Udara laut membawa ion negatif dan terapi negatif ion disebut-sebut dapat menangani gejala-gejala gangguan afektif musiman.

Ketiga, suara ombak. Menurut psikolog Richard, suara deburan ombak dapat menstimulasi otak. Hati pun menjadi tenang dan kamu pun siap menghadapi hari-harimu.

Baca Juga: Hormon Tak Seimbang, Siklus Haid Berantakan
Ternyata Hujan Adalah Obat Alami Penghilang Stres

Laut bisa membantu menenangkan jiwa dan mental. Laut memberikan arti sebuah ketenangan dan kebebasan, yang mana setiap orang dapat merasa menyatu dengan alam.

Bayangkan jika kamu dapat merasakan deburan ombak, mencium aroma air laut yang khas sambil memejamkan mata sejenak. Kamu akan menikmati keseimbangan yang sehat dalam hidup.

Nah, laut bisa menjadi terapi yang baik bagi kesehatan jiwa seseorang. Selain sebagai sarana untuk terapi, laut juga dapat membantu seseorang lebih fokus.

Secara sederhana, terapi suara adalah sebuah aktivitas yang menggunakan vibrasi sebagai alat terapi. Biasanya jenis suara yang digunakan adalah bebunyian alami, seperti suara ombak, cuitan burung, atau suara air yang mengalir. Namun terapi suara juga bisa dilakukan dengan menggunakan suara buatan, seperti bunyi gong yang lembut atau suara bernada halus.

Beberapa peneliti berpendapat kalau terapi suara bisa membantu menyembuhkan insomnia dan rasa khawatir berlebihan. Para terapis suara yang sering disebut dengan sound healers ini mengatakan bahwa terapi suara bisa menurunkan tekanan darah, memperlancar sirkulasi darah, dan mengurangi sesak napas.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya