she.id

Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Area Intim

Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Area Intim
Tips jaga kesehatan area intim saat menstruasi (sumber foto: aidsmap.com)

She - Saat menstruasi, area intim kamu mungkin jadi lebih lembap. Karenanya, penting banget untuk selalu menjaga kebersihan agar tetap terjaga kesehatannya.

Menstruasi merupakan salah satu proses vital dari tubuh kamu yang pantas mendapatkan perhatian lebih. Memastikan kebersihan yang tepat saat menstruasi memang penting sekali ya, ladies. Selain membuat area intim tetap higienis, hal tersebut juga membuat kamu tetap nyaman selama menstruasi.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan saat menstruasi, seperti diulas India today:

1. Ganti pembalut setiap 4 -6 jam

Jangan menyepelekan sesi mengganti pembalut kamu setiap 4-6 jam ya. Ini merupakan aturan utama untuk menjaga kebersihan vagina. Darah haid, ketika dilepaskan dari tubuh akan menarik berbagai bakteri dari tubuh kita yang berkembang biak dalam suhu hangat darah. Hal tersebut pun rentan menyebabkan iritasi, ruam, atau infeksi saluran kemih. Jadi, mengganti pembalut secara teratur akan mengekang pertumbuhan bakteri tersebut serta mencegah terjadinya infeksi.

2. Basuh area kewanitaan dengan benar

Membasuh area kewanitaan secara teratur sangatlah penting, karena bakteri akan menempel pada kulit setelah kamu mengganti pembalut. Kebanyakan orang membasuh area kewanitaan hanya sekadarnya. Padahal cara membasuh area kewanitaan juga ada caranya ya, ladies. Yakni dengan membasuhnya dengan air ke belakang, bukan sebaliknya.

3. Jangan gunakan sabun atau produk pembersih area kewanitaan

Meskipun menggunakan produk kebersihan area kewanitaan setiap hari merupakan ide baik tetapi tidak selama menstruasi. Area kewanitaan diketahui memiliki mekanisme fitrah pembersihan sendiri yang berperan selama siklus mentruasi. Produk-produk pembersih ini dapat menghambat proses alami yang mengarah pada infeksi dan pertumbuhan bakteri.

4. Buang pembalut dengan benar atau gunakan pembalut kain

Membuang pembalut dengan benar merupakan langkah penting. Sebaiknya, bungkuslah pembalut dengan benar sebelum kamu membuangnya sehingga bakteri dan infeksi tidak menyebar. Pastikan kamu tidak membuangnya di kloset karena akan membuatnya mampet dan justru menyebarkan bakteri. Kemudian, cucilah tangan dengan benar setelah membuang pembalut.

Baca Juga: Tetap Sehat, Saatnya Kurangi Level Pedas Makananmu
Wajib Tahu! 4 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Kamu Gampang Rontok
Bahaya Pakai Sepatu Tapi Tidak Gunakan Kaos Kaki

Kamu bisa juga gunakan pembalut kain yang higienis dan mulai menghindari pembalut sekali pakai. Dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk pembelian pembalut, jadi kamu bisa merawatnya dengan bersih juga. Cuci dan keringkan pembalut kain dengan sempurna ya!

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya