she.id

Bangga! Ini Kekayaan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Bangga! Ini Kekayaan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain
Bunga Raflesia Arnoldi. Foto: Flicker

She - Indonesia sebagai negara dengan flora dan fauna yang sangat kaya, mempunyai kekayaan alam yang khas dan menjadi keunikan nusantara.

Berikeut She.id rangkumkan buat kamu ya Ladies, bahwa kita patut bangga sebagai warga negara Indonesia.

Tambang emas kualitas terbaik

Tahukah kamu bahwa emas kualitas terbaik adalah milik Indonesia? Ya, tambang emas terbesar memang ada di Indonesia tepatnya di Propinsi Papua. Tambang Freeport yang sahamnya telah kita miliki sebesar 50 persen ini merupakan tambang emas dengan kualitas terbaik dunia.

Cadangan gas alam terbesar

Kekayaan alam selanjutnya adalah gas alam yang ada di Blok Natuna dan Blok Cepu. Keduanya merupakan cadangan gas alam terbesar yang negara kita miliki. Tak hanya itu perairan Natuna merupakan perairan yang memiliki kekayaan laut dan perikanan luar biasa.

Karena potensinya alamnya yang begitu besar sampai sampai negara China mengklaim bahwa perairan Natuna masuk ke wilayahnya.

Negara maritim terbesar di dunia

Luas perairan yang dimiliki Indonesia adalah 93.000 kilometer persegi. Panjang pantainya memiliki luas sekitar 81.000 kilometer persegi, alias hampir 25 persen dari total panjang pantai yang ada di dunia. Luar biasa bukan?

Dengan luas laut yang dimilikinya, maka tak salah Indonesia disebut sebagai negara maritim terbesar di dunia.

Kadal besar Komodo yang hanya ada di Pulau Komodo Flores, NTT

Negara kepulauan terbesar di dunia

Luasnya negara Indonesia secara keseluruhan kurang lebih 1.904.569 kilometer persegi, termasuk  17.000 pulau yang terkumpul di dalamnya. Banyaknya pulau tersebut tentu berpengaruh terhadap banyaknya terumbu karang yang kita miliki, yaitu mencapai 18 persen dari total terumbu karang dunia.

Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas)

Indonesia menjadi hunian yang nyaman nan ideal bagi berbagai flora dan fauna. Dilansir dari mongabay.com, Indonesia menempati posisi ketiga setelah Brazil dan Kolombia dalam pemeringkatan negara-negara dengan tingkat biodiversitas di dunia.

Faktanya, Indonesia memiliki 4,6% jenis amfibi (dari seluruh jenis amfibi yang ada di dunia); 12,2% jenis mamalia; 7,1% jenis reptil; 14,1% jenis ikan, dan 10,9% jenis tumbuhan berpembuluh.

Baca Juga: Menilik Wilayah Perbatasan Negara Indonesia
Tren Travel 2020: Saatnya Jadi Turis Cerdas!

Flora dan Fauna langka

Indonesia memiliki beberapa kekayaan berupa flora dan fauna yang tak ada di negara lain. Di antaranya Komodo dan Anoa, Komodo yaitu kadal raksasa yang hanya hidup di Pulau Komodo, Flores. Sementara Anoa adalah sapi hutan yang hanya terdapat di daratan Sulawesi.

Untuk kategori flora langka yang hanya ada di Indonesia adalah bunga Raflesia Arnoldi, Bunga ini tumbuh dan berkembang di hutan hujan primer.  Bunga raksasa ini bisa ditemukan di kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Kepahiang, Mukomuko, Seluma, dan Bengkulu Selatan.

Bunga Raflesia Arnoldi merupakan salah satu bunga nasional Indonesia. Beratnya bisa mencapai 24 kilogram, dengan diameter sekitar 1 meter.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya