she.id

#Sheisinspiring: Aksi Sosial Maria Harfanti, Miss Indonesia 2015

#Sheisinspiring: Aksi Sosial Maria Harfanti, Miss Indonesia 2015
Maria Harfanti temukan jati dirinya dengan aksi kerelawanan sosial (Instagram @mariaharfanti)

She - Masih ingat dengan sosok Maria Harfanti? Wanita muda inspiratif ini merupakan Miss Indonesia 2015 sekaligus Runner-Up Miss World 2015. Sejak berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional dan internasional, Maria mengaku mengalami banyak perubahan dalam memposisikan dirinya di masyarakat.

View this post on Instagram

Have you ever felt that you love, think, and sense too much.. that sometimes the simplest things could mean the most? That’s me 100%. Behind my calm demeanor, I’m actually a highly sensitive person. I used to hate this trait because I thought it made me weak. Relatable, anyone? Through life’s ups and downs, I’ve learned to live with it. I’ve come to the conclusion that if this single trait is taken away from me, then I won’t own the very essence of who I am. My conscience, my ability to empathize, my intuition, my creativity, my appreciation for the little things, my vivid inner life, my deep awareness of others’ pain, and my passion for it all. To everyone who feels the same way, know that you’re not alone. Know that your feelings are valid and you’re allowed to feel deeply. Find your calling and do it wholeheartedly. Let go of people who make you feel you’re hard to be with. Life is short. Let’s make the most of it :) #unapologetic #HSP

A post shared by Maria Harfanti (@mariaharfanti) on

Maria yang lahir di tanggal 20 Januari 1992 ini tidak hanya cerdas, tapi juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Maria mengaku bahwa ia dapatkan itu dari ajaran keluarga yang penuh kasih sayang, sehingga sedari kecil ia diajak untuk selalu peduli pada sesama.

Benih-benih pengabdian sosial dalam diri Maria kecil ternyata terlihat di bidang pendidikan. Sejak kuliah, ia pun menghabiskan waktu luangnya dengan mengajar. Benih itu pun tumbuh menjadi passion yang kuat setelah mengikuti ajang Miss Indonesia. Sejak itulah ia fokus pada isu sosial dan mendirikan Yayasan Bangun Sekolah.

Maria bercerita tentang Yayasan Bangun Sekolah (sumber foto: Dokumentasi Festival Relawan 2019)

I am really passionate dengan mengajar. Sejak kuliah aku mendedikasikan waktuku untuk mengajar. Ketika aku berbagi pengetahuan, saat itulah aku merasa sangat bahagia. Begitu juga ketika aku menjadi relawan di beberapa aktivitas. Misalnya pada tahun 2012, aku mengikuti pertukaran pelajar AIESEC untuk volunteering ke Tiongkok,” ujar Maria.

Sosok Maria yang santun dan humble mengingkatkan kita bahwa kecantikan bukan hanya pada wajah, tetapi tentang purpose atau tujuan kita dalam bermasyarakat. Ia yakin, ia terpilih menjadi Miss Indonesia oleh rakyat Indonesia dengan suatu tujuan, yakni kembali dan mengabdi positif kepada masyarakat.

“Saat ini aku sedang fokus dengan yayasan yang aku bangun di awal 2018. Tujuan Yayasan Bangun Sekolah adalah untuk membangun sumber daya manusia di sekolah-sekolah pelosok Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: #SheisInspiring: Dian Sastro Jadi Juri Festival Film Macao 2019
Rachel Vennya: Semua Orang Bisa Jadi Influencer!

Pesan Maria untuk semua anak muda Indonesia, supaya untuk menemukan jati diri mereka dan ikut berkontribusi membangun Indonesia lewat passion masing-masing. Salah satunya adalah dengan menjadi relawan di berbagai bidang sosial. Karena jika ingin menjadi manusia yang baik, yang terpenting adalah menjadi manusia yang bermanfaat bagi sekitar, dan tentu saja bagi masyarakat Indonesia.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya