she.id

Film Dokumenter 'Helm Putih' Nominator Oscar

Film Dokumenter 'Helm Putih' Nominator Oscar
Pasukan 'Helm Putih' (whitehelmets.org)

She -  Film dokumenter Pasukan "Helm Putih" masuk nominasi dalam penghargaan academi awards. Namun juru kamera sekaligus petugas penyelamat berkebangsaan Suriah tidak dapat menghadiri acara malam penghargaan karena Damaskus membatalkan paspornya.

Dilansir Reuters, Satuan Pertahanan Sipil pada Minggu mengatakan Helm Putih memberikan pelayanan penyelamatan di wilayah Suriah, yang dikuasai pemberontak dan menjadi sasaran bombardir pasukan pemerintah dan angkatan udara Rusia selama perang saasuk nominasi Piala Oscar untuk kategori cerita pendek dokumenter yang menggambarkan kehidupan sehari-hari relawan.

Pemerintahan Suriah di bawah Presiden Bashar Al Assad menuduh kelompok Helm Putih terkait Al Qaeda yang berpura-pura merekam setelah serangan udara untuk tujuan propaganda. Namun Kelompok Helm Putih menyangkal tuduhan itu.

Baca Juga: 5 Sutradara Nominator Oscar Kecam Kebijakan Trump
Hotel Halal Pertama di Negara Ini Resmi Dibuka

Dua dari petugas penyelamatan sebagai pemimpin lapangan, yakni Raed Saleh dan Khaled Khatib yang juga seorang juru bicara mendapatkan visa dari pemerintah Amerika Serikat untuk mengunjungi negara tersebut. Keduanya diundang untuk menghadiri acara penghargaan academy awards di Los Angeles.

Namun dalam sebuah pernyataan sebelumnya pada Minggu, Helm Putih mengatakan Saleh tidak bisa meninggalkan pekerjaannya karena semakin intensifnya serangan udara. Sedangkan Khatib tidak bisa hadir karena pemerintah Suriah membatalkan paspornya.

"Pertahanan Sipil sangat berterima kasih atas film Helm Putih, yang menyampaikan pesan kemanusiaan kepada seluruh dunia," demikian pernyataan tersebut.
 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya