she.id

Hamil Di Luar Kandungan, Ini Bahayanya Yang Harus Diwaspadai

Hamil Di Luar Kandungan, Ini Bahayanya Yang Harus Diwaspadai
wanita hamil sehat dan bahagia. Foto: dok. Family Education

She - Hamil di luar kandungan adalah kondisi kehamilan yang terjadi di tempat yang bukan seharusnya yaitu rahim. Dokter menyebutnya sebagai kehamilan ektopik, yaitu kondisi janin tumbuh dan berkembang di luar rahim dan tidak dapat tumbuh dengan sempurna.

Pada kehamilan normal, embrio akan tertanam pada dinding rahim yang disebut endometrium. Sehingga saat embrio tumbuh membesar ada dalam rongga rahim. Namun tidak demikian pada kasus kehamilan ektopik dimana embrio akan tumbuh di tempat lain seperti leher rahim, saluran tuba falopi (saluran yang menghubungkan rahim dengan ovarium), bahkan rongga perut.

Namun kebanyakan kasus kehamilan ektopik terjadi di saluran tuba falopi yang hanya memiliki diameter 1-2 cm. sehingga ketika embrio membesar maka saluran tersebut akan pecah dan menimbulkan pendarahan hebat. Kondisi inilah yang dinamakan kehamilan ektopik terganggu (KET).

Deteksi dini kehamilan adalah salah satu upaya mencegah KET terjadi. Karena kondisi ini masuk kategori gawat darurat yang bisa menyebabkan terjadinya pendarahan hebat dan mengakibatkan kematian jika tidak segera ditangani.

Pada kasus KET di tuba falopi maka operasi adalah jalan satu satunya untuk mebersihkan sisa embrio yang telah pecah. Dokter biasanya kan memperbaiki saluran tuba falopi atau memotongnya jika tidak bisa diperbaiki kembali. Sementara tindakan kuretasi tidak bisa dilakukan karena embrio bukan berada dalam rongga rahim.

Baca Juga: Marah Picu Serangan Jantung, 7 tips Ini Untuk Meredakannya
Tahukah Kamu, Mesin Cuci Ternyata Bisa Jadi Sarang Bakteri

Jika kehamilan ektopik telah terdeteksi di awal kehamilan, maka tidak perlu melakukan tindakan operasi. Namun sebelumnya dokter akan melakukan pemeriksaan sejauh mana embrio sudah berkembang. Apakah masih bisa ditangani mengunakan obat-obatan atau perlu adanya tindakan operasi.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya