she.id

Jangan Pernah Jalani Hari Tanpa Doa ‘Aafiyah, Manfaatnya Dahsyat

Jangan Pernah Jalani Hari Tanpa Doa ‘Aafiyah, Manfaatnya Dahsyat
Doa meminta 'aafiyah untuk keselamatan dunia akhirat.

She - Manusia adalah makhluk yang tidak bisa lepas dari khilaf dan dosa. Karena itulah, manusia sejatinya harus selalu berdoa untuk bisa meninggalkan dunia fana ini dengan husnul khatimah. Salah satu doa yang harus selalu kita panjatkan adalah doa memohon ‘aafiyah.

Apakah ‘aafiyah? Al-‘Aafiyah dapat diartikan sebagai keselamatan dari dosa, kekurangan, dan aib.

Abu Al-Fadhl Al-Abbas bin Abdul Muthalib meriwayatkan, “Aku berkata, “Wahai Rasulullah, ajarkanlah padaku sesuatu yang aku bisa minta kepada Allah. Maka beliau menjawab, “Mintalah keselamatan kepada Allah.” Selang beberapa hari kemudian, aku bertanya lagi, “Wahai Rasul, ajarkanlah sesuatu yang aku bisa minta kepada Allah,” Beliau menjawab, “Wahai Abbas, paman Rasulullah, mintalah kepada Allah keselamatan dunia dan akhirat.” (HR. Tirmidzi)

Terkait hadis di atas, Ustaz M. Abduh Tuasikal, MSc menjelaskan tiga hal yang terkandung di dalamnya.

Pertama, Allah adalah Maha Pemberi Maaf. Karena itulah manusia diperintahkan untuk memohon ampunan kepada Allah di dunia dan akhirat.

Kedua, siapa mendapatkan ‘aafiyah, maka ia mendapatkan kebaikan yang melimpah di dunia dan akhirat. ‘Aafiyah di dunia adalah keselamatan dari berbagai penyakit, fitnah, dan ujian. Sementara ‘aafiyah di akhirat berarti telah dihapuskan segala dosa, hilangnya hukuman, dan kian dekatnya kita dengan kasih sayang Allah.

Ketiga, agar para sahabat terus bersemangat untuk menimba ilmu.

Seperti apa bunyi doa ‘aafiyah?

Allahumma innii as-aluka al ‘aafiyah fid dunya wal akhirah, Allahuma innii as-aluka al-afwa wal ‘aafiyah fi diinii wadunyaayaa wa ahlii wa maalii, Allahumma-stur ‘auraatii wa aamin rau’aatii.

“Ya Allah, aku memohon keselamatan dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon kebaikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga, dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut…”

Baca Juga: Tradisi Membaca Kitab Kuning Yang Perlu Dilestarikan Para Santri
Moms, Ini Dampak Terlalu Sering Memarahi Anak

Maka, ketika hati dan lisan kita kerap mendengki dan membicarakan aib orang lain, jangan lupa menyertakan doa memohon ‘aafiyah ini setidaknya lima kali menemani salat wajib kita.

Entah berapa banyak dosa yang sudah kita lakukan. Kita tak pernah tahu apakah kita bisa hidup bahagia di dunia dan akhirat karena timbangan dosa kita belum tentu berat ke kanan (amal saleh lebih banyak-red).

Nah, Sahabat She, masihkah kita enggan memohon ‘aafiyah?

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya