she.id

Tips Aman Agar Tidak Tersengat Listrik Saat Banjir

Tips Aman Agar Tidak Tersengat Listrik Saat Banjir
Tips aman himbauan dari PLN agar terhindar dari sengatan arus listrik

She - Banjir yang masih merendam sejumlah titik di Jabodetabek mengakibatkan adanya pemadaman listrik. Hal itu dilakukan PLN guna menghindari terjadinya kebocoran arus listrik yang membahayakan akibat terendam Air.

Selain itu padamnya aliran listrik juga menghindari terjadinya sengatan listrik terhadap korban banjir yang tengah berusaha melakukan evakuasi ke tempat yang tak terdampak banjir.

Dikutip Antara Kamis 19/12, General Manager PLN Disjaya, Ikhsan Asaad, di Jakarta membagikan tips untuk menghindari bahaya sengatan listrik jika rumah terendam banjir.

Pertama adalah mematikan listrik dari meter circuit breaker (MCB) di kWh meter. Kemudian cabut seluruh peralatan listrik dan naikan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Waspadai Penyakit Yang Muncul Saat Banjir
3 Prediksi Ahli Tentang Kehidupan Manusia di Tahun 2020

Namun apabila sudah terjadi banjir namun listrik belum dipadamkan oleh PLN, warga harus segera melaporkannya melalui Contact Center PLN 123 atau hubungi kantor PLN terdekat.

Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan instalasi listrik dalam keadaan kering.

Saat hujan lebat atau ada genangan air, Ikhsan juga mengimbau masyarakat untuk tidak berteduh di dekat instalasi listrik seperti tiang listrik, gardu listrik, maupun lampu penerangan jalan, guna menghindari tersengat arus listrik.

Masyarakat juga diimbau menggunakan pengaman seperti sepatu boots kedap air saat melewati genangan air untuk menghindari risiko terkena pecahan kaya, paku, maupun arus listrik yang bocor. Kebocoran listrik bisa terjadi akibat gesekan kabel PLN dengan kabel lain yang dipasang tidak sesuai aturan sehingga rawan terjadi kebocoran saat banjir datang.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya