she.id

Waspadai Penyakit Leptospirosis Saat Banjir Surut

Waspadai Penyakit Leptospirosis Saat Banjir Surut
Flu adalah salah satu gejala penyakit Leptospirosis. Foto: dok CNN.com

She - Banjir yang masih menggenang di sejumlah wilayah tanah air berpotensi menularkan penyakit Zoonosis (penyakit yang menular dari hewan vertebrata kepada manusia) seperti Leptospirosis.

Mengutip Wikipedia, Penyakit Leptospiosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang di tularkan oleh urine atau darah hewan yang teah terinfeksi oleh bakteri ini. Hewan vektor ini biasanya adalah, Anjing, Tikus, Sapi dan Babi.

Leptosirosis umumnya menyerang manusia melalui paparan air dan tanah yang telah terkontaminasi bakteri dari urine hewan pembawa bakteri leptospirosa.

Di Indonesia penyakit Leptospirosis paling umum ditularkan oleh urine tikus pada kondisi banjir. Kondisi lingkungan yang kotor saat banjir semakin mempermudah bakteri Lpetospirosa berkembang biak.

Seperti dilansir dari laman Healthline, penyakit Leptospirosis menyebabkan gejala sepeti flu ringan, sakit kepala dan demam. Penderita biasanya akan menunjukan gejala terinfeksi setelah dua minggu tekena bakteri leptospirosis

Namun dalam beberapa kasus penyakit Leptosirosis akan menunjukuan gejalanya setelah sebulan terinfeksi bahkan bisa tidak menunjukan gejala sama sekali.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Waspadai Penyakit Yang Muncul Saat Banjir
Kenali Gejala dan Penyebab Kehamilan Ektopik

Gejala akan lebh dirasakan penderita apabila telah menginfeksi beberapa organ tertentu sepeti, hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak.

Paling parah peyakit yang ditimbulkan dari bakteri Leptospira ini adalah demam weil, yang akan mengakibatkan kegagalan organ hingga kematian.

Untuk mencegahnya pastikan kondisi lingkungan bersih dan hindari kontak secara langsung dengan binatang yang telah terinfeski bakteri ini terutama tikus yang banyak berkeliaran saat kondisi banjir

Hindari bermain air kotor saat banjir apalagi jika memiliki luka terbuka. Selalu gunakan alas kaki jika harus melewati genangan banjir dan mandi dengan air bersih secepatnya. Jika banjir surut gunakan desinfektan untuk membersihkan rumah bekas banjir.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya