she.id

Kakak Benci Adik, Bisa Jadi Akibat Moms Salah Lakukan Ini

Kakak Benci Adik, Bisa Jadi Akibat Moms Salah Lakukan Ini
Jika terjadi sibling rivalry berlebihan, bisa jadi orangtualah yang menyebabkannya. (Google)

She - Mendidik anak memang menjadi naluri dan insting seorang ibu. Namun demikian, ada pula teori-teori psikologi yang harus dipahami seorang ibu. Pengetahuan tersebut dapat menjadi panduan bagi ibu saat bingung memutuskan apa yang harus dilakukan saat mendidik si buah hati.

Salah satu hal yang kerap menjadi topik hangat dalam dunia kepengasuhan adalah seputar sibling rivalry. Sejatinya, jika yang terjadi adalah persaingan sehat antara kakak dan adik yang membuat mereka selalu meng-upgrade kualitas diri, itu sah-sah saja. Yang menjadi masalah adalah ketika salah satunya menghadirkan rasa benci di tengah persaingan itu.

Apa moms pernah memiliki seorang anak yang membenci adiknya? Sementara, moms merasa telah memberikan kasih sayang yang sama besarnya kepada keduanya. Tapi entah kenapa, si kakak selalu marah dan tidak mau ‘berteman’ dengan adiknya.

Moms, renungkan kembali gaya kepengasuhan yang dijalankan selama ini. Ingat baik-baik, apakah moms melakukan 3 kesalahan ini di masa lalu.

1 Membandingkan Kakak dengan Adik

“Kamu kan, anak paling besar, masak sih, kalah dengan adikmu yang bisa jadi juara kelas?”

Wah, kalau orangtua pernah mengatakan hal seperti itu, juga perbandingan lainnya di luar urusan sekolah, sudah pasti kakak akan merasa kesal. Terlalu sering dibanding-bandingkan, moms tanpa sadar telah menanamkan benih dendam di hati kakak.

2 Meminta Kakak Selalu Mengalah

“Ayo dong, Kak…kamu kan lebih besar, masak tidak mau memberi adik kesempatan main mobil-mobilan itu?!”

Ketika orangtua kerap mengatakan hal semacam itu, padahal kakaklah yang mengambil mainan itu dari rak lalu asyik memainkannya seorang diri sampai adik datang merebut, bukankah sama saja moms menunjukkan pilih kasih?

Adik juga harus diajari bagaimana menghargai orang lain, termasuk juga antre untuk mendapatkan gilirannya.

Baca Juga: Jangan Pernah Jalani Hari Tanpa Doa ‘Aafiyah, Manfaatnya Dahsyat
Moms, Ini Dampak Terlalu Sering Memarahi Anak

3 Menyuruh Kakak Memenuhi Kebutuhan Adik

“Kak, tolong ambilkan susu adik…Kak, tolong lap tangan adik sampai bersih…Kak, tolong temani adik bermain di taman…”

Mmm…begitu banyak pertolongan yang harus kakak berikan untuk adik. Sementara itu, moms tidak pernah mengatakan mengapa kakak harus menolong adik yang masih kecil. Jangan segan mengatakan bahwa adik membutuhkan kakak karena dia masih belum bisa mengerjakan banyak hal sendiri. Moms juga harus mengatakan bahwa orangtua mencintai kakak sama besarnya dengan cinta untuk adik. Dengan begitu, kakak justru akan merasa bahagia dan bangga untuk membantu adik kecilnya.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya