she.id

Cuaca Ekstrem Akan Terjadi di Wilayah Ini Hingga 12 Januari

Cuaca Ekstrem Akan Terjadi di Wilayah Ini Hingga 12 Januari
Cuaca ekstrim di indonesia masih berpeluang terjadi hingga 12 Januari 2020

She - Hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi di awal tahun ini akan terus berlanjut hingga 12 Januari 2020. Hal itu disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono R. Prabowo, Senin 10/10/2020.

Cuaca ekstrim tersebut akan berpotensi di 33 Provinsi di Indonesia dari tanggal 5-12 Januari 2020. Selain hujan lebat dan angin kencang, gelombang tinggi juga akan berpeluang melanda sejumlah perairan di Tanah Air.

dalam keterangan tertulisnya R. Mulyono mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisi kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukan masih adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan.

BMKG memprakiran potensi cuaca ekstrim dengan curah hujan yang tinggi disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut:

Cuaca Ekstrim Pada Periode 5-8 Januari 2020.

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, DI Yogyakarata, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Cuaca Ekstrim Pada Periode 9-12 Januari 2020.

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, DI Yogyakarata, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Setahun Tsunami Banten, Peneliti Ramai Kaji Silent Tsunami
Sumba Timur, Daerah Paling Kering di Indonesia Sepanjang 2019

Gelombang Tinggi

Sementara itu potensi gelombang tinggi laut di wilayah Indonesia hingga mencapai lebih dari 2,5 meter dapat terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia yaitu:

Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian timur, perairan utara Kepuluan Anambas-Kepulauan Natuna, perairan selatan Jawa Barat hingga Sumba, Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian selatan, perairan Pulau Sawu-Rote, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, dan Laut Banda.

Perairan Kepulauan Kai-Aru, Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan Halmahera bagian utara, perairan Pulau Morotai, perairan timur Pulau Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat hingga Papua, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Gelombang tinggi ini berpotensi terjadi selama sepekan ke depan, sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan. Seperti Banjir, longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin. Begitu juga dengan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai agar selalu tetap waspada.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya