she.id

Pengusaha Muslim Ini Sukses Bisnis Minuman Halal Anak

Pengusaha Muslim Ini Sukses Bisnis Minuman Halal Anak
Ilustrasi bisnis minuman (Shutterstock)

She - Wajah Shahin Bharwani (37) berseri-seri saat menyaksikan kerumunan anak muda mengantre Mojito non-alkohol "Nojitos" di ajang Halal Food Festival di London pada musim panas. Ia memilih acara itu untuk memperkenalkan produk minuman halal anak.

"Tidak ada yang membuat saya lebih bahagia selain melihat seseorang minum Nojito dan mengatakan bagaimana rasanya," katanya.

Perempuan Muslim Inggris yang juga mantan wakil kepala sekolah itu menceritakan bagaimana dirinya mendapatkan ide bisnis minuman. Menurut Bharwani, dirinya menemukan ide itu enam bulan lalu.

Saat itu, ia sedang duduk di sebuah restoran dan menyadari tidak ada yang "bagus atau istimewa" bagi muslim untuk minum selain minuman ringan bergula atau jus buah. Ini yang kemudian memicu peluncuran The Mocktail, perusahaan miliknya pada Juni tahun lalu.

Hingga kini, Bharwani telah menjual lebih dari 30.000 unit Nojito di Inggris. April nanti, Bharwani akan mengambil bagian dalam Islam Lifestyle Show dengan pasar konsumen yang lebih berkembang.

Baca Juga: Hotel Halal Pertama di Negara Ini Resmi Dibuka
Dituding Tak Kenakan Hijab saat Menikah, Ini Jawab Adhitya Putri

Di seluruh dunia, bisnis sektor makanan dan minuman halal diperkirakan bernilai lebih dari 2 triliun pounds pada akhir dekade ini. Laporan Global Islamic Economy yang dikutip TReuters menyebutkan ekonomi Islam tumbuh hampir dua kali lipat dari laju ekonomi global secara umum.

Lebih dari 100 perusahaan dari 14 negara akan mendirikan kios mereka di Olympia Hall, London, pada 15-16 April. Pesertanya adalah produsen dan pemasok merek makanan halal, perlengkapan mandi dan kosmetik, busana sederhana, travel, keuangan Islam, hiburan, kartu ucapan dan mainan. Sebanyak 20 ribu pengunjung diharapkan membayar biaya masuk 10 pounds.

"Pada 2017, kita akan melihat lebih banyak tumbuh rumah merek Muslim dan sebagian dari mereka akan menarik non-Muslim karena nilai-nilai etika," kata Abdulhamid Evans, pendiri perusahaan riset halal yang berbasis di London, Imarat Konsultan seperti dikutip thenational.ae.

Evans memprediksi pemerintah Inggris kemungkinan akan mengalihkan perhatiannya kepada ekonomi Islam. Selain itu, mereka akan meluncurkan lebih banyak inisiatif untuk mendukung kewirausahaan Muslim dan investasi asing.

Pada tahun 2010, populasi Muslim global 1,6 miliar orang dan diharapkan mencapai 2,8 miliar pada 2050 atau seperempat dari populasi dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi ledakan usaha kecil untuk memenuhi tuntutan pertumbuhan pasar konsumen Muslim.
Sebagian mereka Muslim, masih muda, cerdas dan 'lapar'. Setiap bulannya ada peluncuran bisnis baru yang berusaha melayani kebutuhan dari kelas internasional.

Juni lalu, tiga profesional muda Muslim meluncurkan Halalnivore, rumah pengiriman daging halal di London. Perusahaan ini telah mendaftar lebih dari 200 pelanggan bulanan.

"Kualitas halal saya sulit ditemukan di London, "kata Walli Datoo (35) co-founder dan chief executive Halalnivore.

Sejumlah pengusaha berharap dapat memasuki bisnis permintaan makanan halal premium di ibukota. Nilai keseluruhan pasar makanan halal di Inggris 700 juta pounds. Menurut Dewan Muslim Inggris bukan hanya umat Islam yang menuntut daging berkualitas tinggi.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya