she.id

Ingin Terlihat Awet Muda? Sertakan Kolagen dalam Makananmu

Ingin Terlihat Awet Muda? Sertakan Kolagen dalam Makananmu
makanan sumber kolagen

She - Ingin kelihatan cantik dan awet muda? Jangan ragu menambahkan kolagen dalam menu keseharianmu. Karena kolagen adalah salah satu protein yang akan berkurang seiring pertambahan usia. Mengonsumi makanan yang kaya akan kolagen bisa membantumu terlihat lebih segar dan awet muda.

Kolagen adalah salah satu protein yang jumlahnya melimpah dalam tubuh manusia. Setidaknya meyumbang 30 % protein dari seluruh protein yang ada dalam tubuh. Kolagen merupakan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Seratnya memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.

Dilansir dari Medical Daily, Kolagen dapat membantu meningkatkan kinerja tubuh, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kepadatan tulang pasca-menopause, mengontrol berat badan, dan membangun sistem kekebalan tubuh termasuk menjaga kuku dan rambut tetap sehat.

Lalu bagaimana agar kebutuhan kolagen tetap terpenuhi dalam menu makanan harianmu? Berikut ini adalah jenis makanan yang dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuhmu.

Ikan

Buat kamu penggemar ikan tentunya ini adalah kabar gembira, karena ikan dan seafood termasuk makanan yang mengandung asam omega-3 yang berguna melindungi selaput lemak sel kulit. Selaput inilah yang akan mempertahankan kekencangan kulit. Makanlah ikan dengan kulitnya karena kulit ikan mengandung lesitin yang sangat baik untuk kesehatan sendi.

Sayuran berwarna merah

Sayuran berwarna merah kaya akan likopen, yaitu antioksidan yang berfungsi sebagai pendongkrak produksi kolagen. Cobalah makan tomat, strawberry, semangka, grapefruit, atau paprika merah agar kulitmu senantiasa terlihat awet muda.

Alpukat

Buah yang satu ini termasuk makanan yang merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Alpukat juga sebagai sumber asam omega-3  yang kaya vitamin E dan berguna untuk menangkal radikal bebas.

Baca Juga: Jeruk Yuzu 3 Kali Lebih Bernutrisi Dari Lemon, Ini Manfaatnya
5 Inspirasi Sarapan Probiotik yang Ramah Usus

Daging Kalkun

Asam amino adalah salah satu zat yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Salah satu makananan yang mengandung asam amino tinggi adalah daging kalkun yang bebas lemak dan mengandung lisin (salah satu jenis asam amino yang membantu produksi kolagen).

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung vitamin E dan asam hialuronat yang dapat menangkal radikal bebas. Sedangkan asam hialuronat berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan menghambat tanda-tanda penuaan dengan meningkatkan produksi kolagen dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang sehat.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya