she.id

Banyak Digunakan Sebagai Bahan Skincare, Ini Khasiat Daun Pegagan

Banyak Digunakan Sebagai Bahan Skincare, Ini Khasiat Daun Pegagan
tanaman pegagan sebagai bahan dasar produk skincare

She - Maraknya produk skincare akhir-akhir ini tentu tak lepas dari kebutuhan kaum hawa akan produk perawatan kulit yang mampu menjaga kesehatan sekaligus mempercantik penampilannya.

Tapi untuk mendapatkan semua itu tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan, karena produk skincare nyatanya termasuk produk yang dijual relatif mahal.

Jika kamu jeli dan telaten, sebenarnya bahan skincare alami bisa kamu dapatkan dari lingkungan sekitar kamu. Salah satunya adalah tanaman pegagan. Tanaman ini belakangan ramai jadi buah bibir dikalangan beauty enthusist karena khasiatnya yang mampu mencerahkan sekaligus menyehatkan kulit.

Pegagan adalah tanaman yang tumbuh liar di daerah Asia Tropik yang menyebar hingga Asia Tenggara. Tanaman ini termasuk dalam famili Mackinlayaceae dengan nama latin Centella Asiatica. Pegagan akan  tumbuh subur dan berbunga sepanjang tahun jika berada dalam lingkungan yang sesuai sehingga banyak digunakan sebagai tanaman penutup tanah.

Baca Juga: Ini Cara Pudarkan Area Gelap Lingkaran Mata Menurut Dokter Ahli
Mau Tampil Stylish, Coba Gaya Shrobing

Sejak lama pegagan digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Secara tradisional pegagang biasa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Selain itu kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, dikeringkan sebagai teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion.

Penelitian mengenai khasiat pegagan pernah diterbitkan dalam Journal of Angiology yang menyebutkan bahwa daun pegagan dapat membatu pengobatan hipertensi pada vena. Dimana kandungan triterpenes pada daun pegagan bersifat anti-peradangan yang mampu melancarkan peredaran darah.

Dilansir dari yourhealth.com, berikut khasiat daun pegagan yang juga dijukuki sebagai “miracle elixir of life” karena kandungannya yang luar biasa.

  1. Meningkatkan kemampuan penyembuah jaringan epidermis kulit.
  2. Merangsang pertumbuhan pembuluh darah ke dalam jaringan ikat.
  3. Merangsang penyembuhan luka dengan cara meningkatkan konsentrasi antioksidan dan kolagen pada luka.
  4. Meningkatkan fungsi kinerja otak.
  5. Anti imflamasi.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya