she.id

Mengenal Teknologi Modifikasi Cuaca Untuk Mengurangi Curah Hujan

Mengenal Teknologi Modifikasi Cuaca Untuk Mengurangi Curah Hujan
Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca dilakukan untuk menghindari banjir di Jabodetabek (courtesy: Margaretha Tanjung)

She - Curah hujan tinggi pada awal Januari 2020 yang menyebabkan banjir besar di wilayah Jabodetabek hingga kini masih terus dalam perhatian pemerintah.

Untuk mengantisipasi cuaca ekstrem dan hujan lebat yang diprakirakan turun hingga medio Januari 2020 ini, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Melansir kompas.com, salah satu anggota TNI AU yang terlibat dalam operasi TMC adalah Peltu Doddy Fabrian Susilo. Diakui Peltu Doddy, tugas memodifikasi cuaca tak kalah mulia dari membela Negara karena efeknya langsung dirasakan oleh seluruh masyarakat.

TMC digelar dengan cara menaburkan garam ke awan aktif di luar Jabodetabek. Proses tersebut disebut juga dengan penyemaian awan. Tujuannya adalah untuk mengurangi intensitas curah hujan yang ekstrem.

Penugasan modifikasi cuaca yang dijalankan Peltu Doddy berlangsung 3 Januari hingga 15 Januari. Setiap hari, ia dan prajurit lain terbang menggunakan dua pesawat CN-295 dan Cassa 212-200 membawa 2,4 ton garam dan 800 kg garam yang dimasukkan dalam 8 console untuk disemai. Setelah tanggal 15, akan ada prajurit lain yang menggantikannya bertugas.

Prajurit TNI AU terbang bersama petugas BPPT dan BMKG yang bertugas mencari jejak awan aktif. Petugas BPPT dan BMKG mendeteksi awan aktif hingga perairan Laut Jawa dan Selat Sunda.

Ilustrasi Teknologi Modifikasi Cuaca untuk mengurangi kebakaran hutan dan lahan.

Jika sudah ada awan aktif yang menjadi target, pesawat akan masuk ke dalam awan tersebut untuk melakukan penyemaian awan atau penaburan garam. Console berisi garam dihubungkan dengan pipa besar yang berujung ke bagian belakang pesawat untuk menyebarkan garam dari ketinggian 10.000 hingga 12.000 kaki.

Baca Juga: Tips Aman Agar Tidak Tersengat Listrik Saat Banjir
Musim Hujan Tiba, Waspadai Penyakit Yang Muncul Saat Banjir

Berdasar data statistik, intensitas hujan di Jabodetabek bisa berkurang 30 hingga 50 persen. Sampai hari ini (14/01/20), operasi TMC terbilang cukup berhasil terlihat dari curah hujan yang tidak terlalu ekstrem.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya