she.id

Hati-Hati Gaslighting dalam Pernikahanmu!

Hati-Hati Gaslighting dalam Pernikahanmu!
Hubungan suami istri sejatinya harus saling menguatkan. (Google)

She - Gaslighting, mungkin banyak dari kamu yang belum paham istilah tersebut. 

Dalam dunia psikologi, gaslighting diartikan sebagai sebuah penyiksaan psikologis yang dilakukan dalam hubungan interpersonal yang diwujudkan dalam bentuk manipulasi.

Pelaku gaslighting melemahkan rasa percaya diri korban bahkan membuat korban menyangsikan kewarasannya sendiri.

Gaslighting dilakukan secara terus-menerus dalam bentuk menyangkal, menolak, menyalahkan, dan mempertanyakan kemampuan korban dalam mengingat dan mengambil keputusan. Manipulasi itu sedemikian dahsyat hingga korban merasa tidak pernah melakukan apa pun dengan benar.

Dalam sebuah hubungan suami istri, bukan tidak mungkin gaslighting dapat terjadi. Entah mengapa, cinta yang digadang-gadang sebagai perekat dua hati, tiba-tiba seolah sudah menghilang entah ke mana. 

Jika kamu merasa apa-apa yang kamu lakukan selalu salah di mata pasangan, kamu merasa sangat sulit untuk menyenangkannya, bahkan kamu merasa kehilangan kemampuan untuk mengambil keputusan tentang berbagai urusan, kamu harus segera seek for help.

Ingatlah! Sangat tidak wajar bila dalam hubungan suami istri hanya ada satu orang yang selalu benar. Sangat tidak masuk akal bahwa komunikasi haruslah satu arah dan jalur diskusi tertutup. Dan sangat tidak manusiawi jika satu pihak selalu menuntut pasangannya untuk bisa menyenangkannya, tapi tidak pernah sebaliknya.

Satu hal yang harus kamu sadari baik-baik, pernikahan adalah sebuah kebaikan dan keindahan yang diberkahi oleh Allah. Di dalamnya harus terwujud sakinah mawaddah wa rahmah

Ketika satu orang tidak memiliki itikad baik untuk mengayomi, menyayangi, mengasihi, dan mensupport pasangannya, tidak akan tercipta pernikahan yang diberkahi Allah. Dan itu berarti, pasangan yang melakukan gaslighting bukan seorang imam yang mengejar keridaan Allah untuk mengajak istrinya menuju surga.

Jangan biarkan pasangan menjatuhkanmu ke jurang terdalam.

Baca Juga: Mau Hubungan Makin Erat, Perbaiki Cara Bicaramu dengan Pasangan
Anak Menunjukan Gejala Depresi, Ini Cara Mendekatinya

Bicarakan dari hati ke hati, dan biarkan pasangan mengetahui apa yang ia lakukan dan dampaknya terhadapmu. 

Jika ia selalu mengelak bahkan bersikeras tidak bersalah dan justru tetap menyalahkanmu, you deserve to have a much better person than him.

Wallahu a'lam.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya