she.id

Fenomena Langka Salju Turun di Tabuk Arab Saudi

Fenomena Langka Salju Turun di Tabuk Arab Saudi
Salju turun di Tabuk Saudi Arabia. Foto: Twitter

She - Mendengar kata salju, pasti yang terbayang di benak kita adalah negara-negara Eropa atau negara yang memiliki 4 musim. Tapi salju yang turun di wilayah yang sebagian besar gurun pasir seperti Arab Saudi tentu akan menjadi fenomena langka.

Namun faktanya, tidak semua wilayah di Arab Saudi adalah gurun pasir. Beberapa wilayah di antaranya adalah pegunungan yang bersuhu dingin seperti Provinsi Tabuk.

Dikutip dari stepfeed.com, salju turun di Provinsi Tabuk yang terletak di wilayah barat laut Saudi Arabia dan berbatasan langsung dengan Yordania pada pekan lalu. Ada tiga gunung yang diselimuti salju yaitu Jabal al Lawz, Jabal al-Thahir, dan Jabal Alkan. Salju serupa juga pernah turun pada bulan April pada tahun 2018 lalu.

Setiap tahun, orang-orang yang tinggal di Tabuk memastikan untuk berkumpul di pagi hari di Jabal Al-Lawz untuk mengamati fenomena ini. Bahkan orang-orang dari luar provinsi berharap suatu hari berada di sana selama musim dingin di Tabuk tahun ini.

Mereka menepikan kendaraan di pinggir jalan lalu berjalan kaki di tengah hamparan salju. Beberapa di antaranya menyalakan api unggun, mendirikan tenda, dan menyajikan makanan hangat khas Saudi. Sementara penduduk asli Tabuk memastikan unta dan hewan ternak milik mereka tetap aman dari dinginnya salju dengan menutupinya dengan terpal.

Tidak hanya provinsi Tabuk, negara-negara di sekitarnya seperti Yordania, Suriah hingga Alexandria Mesir dilaporkan terkena badai hujan salju dalam pekan ini.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Modifikasi Cuaca Untuk Mengurangi Curah Hujan
Tanaman Vetiver, Pencegah Banjir dan Erosi Terbaik di Dunia

Tabuk sendiri merupakan wilayah pegunungan yang menyimpan banyak sejarah. Di kota ini pernah terjadi Perang Tabuk, perang terakhir Nabi Muhammad SAW melawan pasukan Romawi pada bulan Rajab tahun ke-9 hijriah atau September 630 Masehi.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya