she.id

Film 'Salesman' Menang Oscar, Sutradara Iran Sindir Trump

Film 'Salesman' Menang Oscar, Sutradara Iran Sindir Trump
Dok.Sutradara Iran Asghar Farhadi di Festival Film Cannes Film 2016. (Reuters/Regis Duvignau/File)

She -  Film Iran "The Salesman," sebuah drama tentang kehormatan dan balas dendam dalam pernikahan modern memenangkan Piala Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik. Ini merupakan Piala Oscar kedua sutradara asal Teheran, Asghar Farhadi.

Sebelumnya, Farhadi telah memenangkan Oscar melalui Film "A Separation" lima tahun lalu. Penghargaan itu menjadi penghargaan pertamanya di Academy Awards.

"The Salesman" masuk nominasi kategori film berbahasa asing terbaik setelah memenangkan penghargaan di Festival Film Cannes tahun lalu. Kemenangan Farhadi di tengah kebijakan Presiden Donald Trump yang melarang wisatawan asing dari tujuh negara Muslim berkunjung ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Pria Palestina Bersuara Emas Juara 'Arab Idol 2017'
Dituding Tak Kenakan Hijab saat Menikah, Ini Jawab Adhitya Putri

Farhadi, dan aktris utama 'The Salesman', Taraneh Alidoosti pada bulan lalu telah menegaskan akan memboikot Oscar. Aksi boikot itu sebagai bentuk protes larangan Trump kepada wisatawan dari tujuh negara mayoritas Muslim, termasuk Iran ke AS. Meski keputusan itu dibatalkan Pengadilan AS, namun administrasi tetap berjalan.

Seperti dilansir Reuters, Farhadi memilih mengutus seorang insinyur perempuan dan mantan ilmuwan NASA untuk mewakili dirinya pada acara puncak Oscar.

Pidato kemenangan Farhadi dibacakan Anousheh Ansari, seorang insinyur perempuan warga Iran-Amerika. Ansari yang juga turis pertama yang pernah berwisata ke luar angkasa.

Aktris Taraneh Alidoosti dalam Film ''The salesman' (youtube)

"Tidak hadirnya saya untuk menghormati orang-orang dari negara saya dan orang-orang dari enam negara lain yang tidak dihormati oleh hukum tidak manusiawi yang melarang masuknya imigran ke AS," kata Ansari membacakan pernyataan Farhadi.

"Membagi dunia menjadi 'kita' dan kategori 'musuh-musuh kita' menimbulkan rasa takut, pembenaran penipuan untuk agresi dan perang."

"The Salesman" bercerita tentang pasangan suami-istri yang awalnya hidup tenang tetapi kemudian menjadi penuh dendam. Sang suami berusaha membalas dendam setelah istrinya diserang saat sendirian di apartemen mereka.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya