she.id

Cosmic Crips, Apel Jenis Baru Tahan Disimpan Hingga 1 Tahun

Cosmic Crips, Apel Jenis Baru Tahan Disimpan Hingga 1 Tahun
varietas baru apel cosmic crips

She - Cosmic Crips mereka memberi nama varietas apel baru yang membanjiri pasaran sejak Desember tahun lalu. Apel ini diklaim lebih tahan lama, renyah, manis, dan segar.

Dilansir dari laman Healthline, varietas apel ini pertama kali dikembangkan oleh Washington State University pada tahun 1997. Hampir sebagian besar apel asal Amerika Serikat tumbuh di negara bagian Washington.

Dinamakan Cosmic Crips karena titik-titik kekuningan cerah pada kulitnya yang terlihat seperti bintang yang jauh di luar angkasa. Apel ini merupakan hasil persilangan antara Honeycrisp yang lebih beraroma dan varietas apel Enterprise yang lebih tahan lama.

Petani Washington yang ikut mendanai penelitian akan memiliki hak eksklusif untuk menjualnya selama 10 tahun pertama. Ketersediaan Cosmic Crips saat ini baru mencapai 450.000 kotak, dengan satu kotak apel seberat 18 kilogram. Jumlah tersebut akan naik menjadi 2 juta kotak tahun ini dan 21 juta pada tahun 2021.

Di Amerika, apel adalah titik kebanggaan di negara bagian Northwest Northwest. "Sekitar 20 persen apel dunia keluar dari China, jadi kami mencoba mengembalikan keahlian itu," kata Roger A. Clemens, PhD, Asisten Profesor di Sekolah Farmasi Universitas California Selatan dan anggota Masyarakat Amerika untuk Nutrisi, kepada Healthline.

Lalu bagaimana rasa dari apel berwarna merah segar ini? Meg Raines, Koki The Evolving Plate mengatakan bahwa apel jenis baru ini cocok untuk dimakan langsung sebagai buah segar maupun dipanggang dengan oven.

Apel ini mengandung gula alami sehingga cocok untuk mengurangi tambahan gula buatan ke dalam masakan “Kandungan gulanya cukup tinggi sehingga ketika dimasak dengan cara dioven akan terkaramelisasi seperti sirup manis,” kata Raines.

Baca Juga: 10 Gaya Hidup Sehat Yang Harus Segera Kamu Lakukan di 2020!
Bisakah Kunyit Membantu Mengobati Eksim?

"Daging apel tidak terlalu padat dan kering, tetapi juga tidak terlalu berair dan lembek, jadi daging buah ini memiliki keseimbangan yang sempurna untuk dipanggang," tambahnya.

Umur simpan lebih lama

Apel Cosmic Crips juga lebih lambat membusuk dari rata rata apel lain yang dijual di pasaran sehingga lebih tahan lama jika disimpan di lemari pendingin. Clemens mengklaim bahwa apel ini dengan penyimpanan yang tepat bisa bertahan hingga satu tahun.

Bahkan ketika dipotong, warna apel tidak cepat berubah cokelat akibat teroksidasi sebagaimana apel pada umumnya. Meski demikian, Clemens membantah adanya modifikasi genetika seperti apel dan kentang Kutub Utara.

Ia mengklaim apel varietas baru ini murni dari perkembangan teknologi luar biasa yang mereka miliki. Sejak awal praktik pertanian yang mereka lakukan hanyalah menggunakan hibridisasi klasik.

Menurut Caroline West Passerrello, MS, RDN, LDN, ahli diet di Pittsburgh, Pennsylvania, apel merupakan sumber penting dari vitamin C, potassium, hingga catechin, antioksidan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan otot.

Konsumsi buah apel secara teratur juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan diabetes tipe 2, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya