she.id

3 Langkah Diet Antikanker untuk Sehat Lebih Lama

3 Langkah Diet Antikanker untuk Sehat Lebih Lama
Yuk, gaya hidup sehatmu siap kurangi risiko kanker. (changeyourlifechallenge.org)

She - Memang tidak ada resep diet antikanker yang 100% menghindarkanmu dari kanker. Namun demikian, makanan bergizi seimbang, dengan komposisi sayur dan buah-buahan yang banyak, mampu menyehatkan tubuh hingga bisa mengurangi risiko terkena kanker.

Berikut ini 3 langkah diet antikanker yang harus kamu jalankan untuk tubuh sehat lebih lama, dikutip dari Medical Daily.

1# Hindari Racun

Kamu mungkin beranggapan sudah hidup higienis. Tapi, periksa kembali sabun mandi, sampo, hingga pembersih lantai. Apakah berkontribusi pada polusi udara dan lingkungan? Apakah mengandung zat-zat kimia beracun yang merusak kulit?

Termasuk juga produk kecantikan favoritmu, pastikan bebas dari merkuri dan zat berbahaya lainnya. Hilangkan kebiasaan buruk menyimpan makanan panas di dalam wadah plastik juga kurangi minum obat mengandung parasetamol yang dapat merusak hati.

2# Hindari Makanan Yang Digoreng dan Olahan

Gorengan sebagai teman minum teh atau minum kopi di waktu hujan, rasanya pasti nikmat. Tapi tahukah kamu, makanan yang digoreng dalam suhu sangat panas dapat membentuk akrilamida, zat kimia yang dapat memicu kanker. Merebus dan mengukus merupakan metode memasak yang jauh lebih aman.

Mengonsumsi produk organik dan gandum utuh harus menjadi pilihan utama dibandingkan produk beku buatan pabrik yang umumnya mengandung pestisida, herbisida, dan logam berat. Tinggalkan juga minuman manis dan makanan olahan lain yang jelas-jelas mengandung bahan pengawet.

Baca Juga: Cosmic Crips, Apel Jenis Baru Tahan Disimpan Hingga 1 Tahun
10 Gaya Hidup Sehat Yang Harus Segera Kamu Lakukan di 2020!

3# Perbanyak Makanan Antikanker

Cobalah mengonsumsi lebih banyak brokoli, kecambah, kubis, juga kangkung. Keempat bahan makanan tersebut mengandung antioksidan yang dapat meminimalkan risiko penyakit kanker di payudara, usus besar, dan prostat. Jangan lupakan makanan mengandung vitamin C dan vitamin A lain yang juga berkhasiat melindungi sistem kekebalan tubuh.

Makanan berkalsium plus vitamin D3 dapat meminimalkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium. Adapun bawang putih, teh hijau, minyak zaitun dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan kekebalan tubuh hingga tubuh lebih sehat dan tidak mudah terpapar penyakit.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya