she.id

Ibu Profesional Ajak Ibu Indonesia Bangga Jadi Ibu

Ibu Profesional Ajak Ibu Indonesia Bangga Jadi Ibu
Menjadi ibu terbaik yang bahagia dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan.

She - Komunitas Ibu Profesional dengan foundernya, Septi Peni Wulandani, telah berkembang menjadi sahabat terbaik bagi para ibu di Indonesia.

Saat ini, Ibu Profesional memiliki 25.000 anggota yang tersebar di 57 regional di Tanah Air dan 10 negara di Asia dan Non-Asia.

Di antara prestasi Ibu Profesional yang membanggakan:

#Ibu Profesional terpilih menjadi salah satu dari 115 komunitas dunia yang berhak mengikuti Facebook Community Leadership Program di Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

#Ibu Profesional memenangkan CECT Sustainability Award 2019 kategori Social Enterprises untuk bidang pendidikan.

#Ibu Profesional mendapat apresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  dengan menjadi Mitra Sahabat Keluarga yang aktif di bidang pendidikan keluarga.

#Program Changemaker Ibu Profesional dimasukkan dalam divisi Your Kids Ashoka Foundation yang berpusat di Washington DC.

Berbagai program yang dijalankan di Ibu Profesional berhubungan erat dengan kesadaran bahwa menjadi ibu adalah sebuah ‘tugas’ mulia yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Tujuan untuk mencetak generasi tangguh di masa depan harus dicapai agar seorang ibu tidak menyesal di kemudian hari karena merasa tidak do the best untuk perkembangan lahir batin anak-anaknya.

Untuk itulah, ibu tidak boleh semata mengandalkan naluri. Memang benar, ibu memiliki naluri keibuan yang dianugerahkan Allah. Namun, dengan pengetahuan dan ilmu, naluri akan makin tajam untuk digunakan di saat dan waktu yang tepat.

Karena itulah, ibu masa kini harus membekali diri untuk bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik, baik bagi dirinya juga keluarga.

Seperti itulah pesan yang ingin disampaikan Founder Komunitas Ibu Profesional, Septi Peni Wulandani dengan berdirinya Komunitas Ibu Profesional.

Workshop Pandu 45 dalam rangka Milad Ibu Profesional Jakarta ke-7 (ibuprofesionaljakarta.com)

Berdiri pada 22 Desember 2011 di Salatiga, Ibu Profesional hadir sebagai wujud kepedulian terhadap kaum perempuan Indonesia dalam menjalani dinamika kehidupan ke arah yang lebih baik.

Mengapa seorang ibu harus profesional? Karena seorang ibu dalam menjalankan perannya harus memiliki sikap sungguh-sungguh alias profesional. Yang berarti seorang ibu memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya.

Dibentuknya komunitas Ibu Profesional adalah salah satu upaya menemani para ibu baik yang berkiprah di ranah domestik maupun publik, untuk bisa belajar bersama, tumbuh bersama, saling menguatkan dalam proses mendidik anak-anak dan mengelola keluarganya.

Ibu adalah madrasah pertama bagi anaknya, seorang ibu yang memiliki anak semestinya membekali diri dengan belajar dan mencari ilmu yang benar mengenai pola pengasuhan anak. Maka Ibu Profesional memfasilitasi para ibu untuk belajar ilmu-ilmu tentang pengasuhan anak ini di kelas Bunda Sayang.

Ibu Profesional juga memfasilitasi para ibu untuk belajar ilmu-ilmu tentang manajemen ibu dalam mengelola diri, keluarga dan aktivitasnya di kelas Bunda Cekatan. Mengapa penting belajar mengenai ilmu manajemen dalam keluarga? Karena banyak di antara perempuan yang masih belum mengetahui pentingnya ilmu manajeman dalam ranah domestik.

Seorang perempuan profesional juga harus belajar mandiri secara finansial, baik yang memilih di ranah domestik maupun yang memilih di ranah publik. Selama ini sebagian perempuan masih menganggap bahwa menjadi ibu tidak bekerja dan ibu yang bekerja dan berkarya adalah dua hal yang sulit untuk berjalan beriringan.

Berangkat dari fenomena tersebut, Ibu Profesional memfasilitasi para ibu untuk belajar ilmu-ilmu tentang kemandirian finansial dengan menjalankan passion yang dimilikinya lewat kelas Bunda Produktif.

Baca Juga: Coming Soon! Intip Agenda Peringatan World Hijab Day Indonesia
Hijab Motion, Gerakan Positif ala Hijabers Indonesia

Selain itu ada pula program Bunda Shaliha yang dapat melatih seorang ibu untuk bisa menjadi agen perubahan di masyarakat sekitarnya, dimulai dengan perubahan diri sendiri dan perubahan di dalam keluarganya secara berkelanjutan.

Ibu Profesional men-support para ibu untuk selalu merasa bangga dan penuh semangat menjalani profesinya sebagai ibu, mendidik anak dengan sepenuh hati, cekatan dalam mengelola manajemen domestik, mandiri secara finansial, dengan tetap menempatkan anak dan keluarga sebagai prioritas utama. Dengan begitulah seorang ibu menyadari betul bahwa keberadaannya sangat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat sekitarnya.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya