she.id

14 Jenis Makanan Untuk Mencegah Sembelit

14 Jenis Makanan Untuk Mencegah Sembelit
Sumber makanan kaya serat. Foto: Readerdigest

She - Tahukah kamu bahwa seseorang disebut mengalami konstipasi jika hanya satu atau dua kali buang air besar dalam seminggu dengan feses yang mengeras.

Sembelit adalah masalah umum yang sering terjadi pada seseorang terutama mereka yang sedikit mengonsumsi serat. Data dari National Institute of Health menunjukkan bahwa hampir 42 juta orang di Amerika mengalami sembelit setiap tahunnya, seperti dilansir zliving.com.

Jadi apa yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau mencegah sembelit? Solusi paling sederhana adalah meningkatkan asupan serat yang dapat menyehatkan pencernaan dan membantu menjaga buang air besar secara teratur.

Pentingnya Serat dalam Makanan Kita

Ahli gizi dan nutrisi mengkategorikan serat menjadi dua jenis yaitu serat larut dan tidak larut. Tubuh membutuhkan kedua jenis serat tersebut untuk mencegah atau meringankan sembelit. Dan cara terbaik untuk mendapatkan jumlah serat yang diperlukan adalah dengan mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian tertentu.

Oat, kacang hitam, alpukat, ubi jalar, wortel, dan buah ara adalah beberapa sumber makanan yang kaya serat larut yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Kandungan serat dalam makanan ini menyerap air dalam tubuh menjadi zat seperti gel yang mendukung pergerakan usus lebih mudah. Serat tidak larut yang ditemukan dalam kulit buah dan sayuran, kulit gandum, sereal dan biji-bijian dapat memperlancar pencernaan dan menghilangkan sembelit.

Makanan untuk Membantu Meringankan Sembelit

  1. Chia Seeds

Satu ons chia seeds mengandung hampir 10 gram serat. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah dimasukkan dalam berbagai jenis makanan eperti smoothie, oatmeal, dan salad.

  1. Kacang Pistachio

Tahukah kamu bahwa 1 ons pistachio mengandung 3 gram serat dan satu porsi almond setara dengan 3,5 gram. Selain menyediakan serat, kacang juga merupakan sumber lemak sehat yang baik.

  1. Brokoli

Sayuran hijau jenis ini kadang tidak disukai anak-anak maupun orang dewasa. Padahal brokoli  adalah sumber serat yang kaya, dengan hampir 3 gram per cangkir, brokoli mengandung vitamin C dan K yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

  1. Lentil

Lentil atau miju-miju adalah sejenis kacang kacangan yang biasa dikonsumsi oleh orang India, Timur Tengah, dan Turki. Satu cangkir lentil memiliki hampir 15,6 gram serat, yang hampir memenuhi kebutuhan serat tubuh setiap hari. Secangkir lentil mengandung hampir 18 persen protein yang baik untuk diet.

  1. Apel

Suplemen pektin telah terbukti meringankan sembelit dan ini bisa jadi karena pektin adalah serat khusus yang  ditemukan dalam apel. Sebuah apel berukuran sedang dapat menyediakan hampir 4,4 gram serat untuk mendukung pergerakan usus yang sehat.

Baca Juga: Cosmic Crips, Apel Jenis Baru Tahan Disimpan Hingga 1 Tahun
Susu Kecoa, ‘Superfood’ Yang Bergizi Tinggi

  1. Pir

Pir berukuran sedang mengandung 6 gram serat yang dapat mengurangi sembelit pada bayi. Para ahli percaya bahwa pir juga bisa bermanfaat bagi orang dewasa.

  1. Bayam

Bayam adalah sumber nutrisi yang baik untuk tubuh yang dapat memberikan jumlah serat optimal. Satu cangkir bayam mengandung 4 gram serat per cangkir untuk membantu kesehatan pencernaan.

  1. Oatmeal

Selain mengurangi kolesterol jahat, gandum bisa menjadi sumber serat yang baik dengan hampir 4 gram di setiap cangkir. Kamu bisa menambahkan kacang dan buah beri ke dalam mangkuk oatmeal untuk menambah asupan serat.

  1. Prune

Penelitian menunjukkan bahwa buah prunes bagus untuk meredakan sembelit karena mengandung jumlah serat tidak larut yang baik. Satu porsi 10 buah prunes dapat menghasilkan 7 gram serat.

  1. Roti gandum

Roti gandum utuh lebih sehat daripada roti putih, cobalah sepotong roti gandum untuk mencegah terjadinya sembelit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi sekitar 240 gram roti gandum hitam setiap hari tidak mengalami sembelit dibandingkan mereka yang mengonsumsi roti gandum.

  1. Ubi jalar

Secangkir ubi jalar dapat menyediakan 4 gram serat dan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan pencernaan Anda. Para peneliti menemukan bahwa ubi jalar berguna untuk meringankan sembelit pada orang yang menjalani kemoterapi.

  1. Buah Tin

Satu porsi (sekitar tiga hingga lima buah ) buah tin segar atau kering dapat menyediakan hampir 5 gram serat. buah tin bisa dimakan sebagai camilan sore atau tambahkan ke dalam salad maupun yoghurt.

  1. Kiwi

Selain sebagai sumber vitamin C yang baik, kiwi juga menyediakan serat hingga 2 gram per buah. Konsumsi dua buah kiwi secara rutin sehari dapat membantu meringankan sembelit selama periode waktu tertentu.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya