she.id

Ini Alasan Mengapa Sedekah Justru Melipatgandakan Rezekimu

Ini Alasan Mengapa Sedekah Justru Melipatgandakan Rezekimu
Siapa memberi, dia akan menerima lebih banyak (muhsinnorpaizin.com)

She - Dari sudut pandang manusia, bersedekah merupakan kegiatan mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Jelaslah bahwa pemberi sedekah mengurangi harta yang dimilikinya. Tapi mengapa Islam menyerukan bahwa sedekah justru melipatgandakan rezeki?

(theislamicinformation.com)

Mari merenungi dua ayat berikut ini.

“Katakanlah, Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba: 39)

“Perumpamaan orang-orang yang membelanjakan harta karena mencari keridaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (tetap memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (QS. Al-Baqarah: 265)

Jika kamu adalah seorang Muslim, tentulah merasa yakin dengan apa yang Allah janjikan dalam ayat Alquran di atas.

Marilah merenungi kembali, mengapa sedekah justru menambah rezeki bukan menguranginya.

Memang benar, bersedekah artinya mengurangi besaran harta kita untuk diberikan kepada orang lain. Tapi, makna sedekah, tujuan sedekah, dan keikhlasan yang mewarnai sedekah itu menjadi satu jalan ‘mengembalikan’ harta itu kepada kita, bahkan dalam jumlah yang besar.

Orang yang diberi sedekah tentulah akan mendoakan pemberi sedekah agar selalu dilimpahi rezeki oleh Allah. Doa tersebut menjadi jalan untuk menambah rezeki si pemberi sedekah.

Harta yang disedekahkan akan menjadi manfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitar yang insya Allah akan menjadi ladang pahala bagi pemberi sedekah. Salah satu pahala yang bisa dirasakan di dunia adalah kemudahan dalam beraktifitas, termasuk dalam urusan mencari rezeki yang bertebaran di muka bumi ini.

Dan keikhlasan yang memenuhi hati manakala seseorang bersedekah, akan menenangkan dan membahagiakan jiwanya, hingga membuat orang tersebut tambah bersyukur. Jelaslah bahwa Allah menyatakan dalam surah Ibrahim ayat 7, “…Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Nah, jelas bukan, sedekah yang bertujuan mencari keridaan Allah pada hakikatnya memang menjadi jalan penambah rezeki dari berbagai pintu. Bahkan dari pintu yang kamu tidak duga sama sekali.

Baca Juga: Sudahkah Kamu Bersyukur Hari Ini?
Mau Produktif? Lakukan Kebiasaan Ini Tiap Pagi

Sahabat She, masihkah enggan untuk bersedekah dan berinfak untuk membantu sesama?

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya