she.id

Hand Sanitizer Lebih Ampuh Bunuh Kuman dari Sabun Antiseptik?

Hand Sanitizer Lebih Ampuh Bunuh Kuman dari Sabun Antiseptik?
Cuci tangan dengan benar adalah kunci terhindar dari kuman dan penyakit.

She - Berita mengejutkan datang dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA).

FDA melarang penjualan sabun berbahan antibakteri tertentu karena belum terbukti keamanan dan efektivitasnya dibandingkan air atau sabun biasa. FDA menyebutkan 19 bahan kimia yang banyak digunakan sebagai bahan baku sabun cair maupun sabun batang. Salah satu bahan yang paling umum dipakai dalam industri sabun antiseptik adalah triclosan.

FDA menyatakan bahan kimia antibakteri saat ini bisa jadi lebih banyak bahaya dibandingkan manfaatnya. Dalam jangka panjang, ada risiko kesehatan yang bisa terjadi seperti resistensi terhadap bakteri.

Terkait hal tersebut, Daniel Allan, MD menjelaskan bahwa mencuci tangan dengan sabun biasa dan air mengalir adalah salah satu cara paling efisien untuk menghindari penyebaran kuman dan menghindari penyakit.

Lebih lanjut, dr. Daniel menjelaskan cara mencuci tangan yang baik dan benar. “Gunakan air hangat untuk hasil terbaik,  busakan sabun sekitar 15 detik sebelum dibilas, kemudian keringkan dengan handuk bersih. Peran sabun melepaskan kuman dan kotoran lainnya, sedangkan air menghapuskan kuman dari kulit. Tidak ada perbedaan apakah itu sabun biasa atau sabun antiseptik.”

Baca Juga: Lima Negara Yang Warganya Hidup Paling Sehat di Dunia
Ingin Tidur Berkualitas, Kenali Tahapan Tidurmu

Pembersih tangan berbahan alkohol justru lebih efektif membunuh kuman. Karena itulah Centers for Desease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan hand sanitizer yang mengandung 60% alkohol. Sebuah penelitian membuktikan bahwa hand sanitizer berbahan alkohol dapat membunuh 99% bakteri pada tangan dalam waktu 30 detik.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya