she.id

4 Alasan Kesehatan Mengapa Kita Dilarang Tidur Pagi Hari

4 Alasan Kesehatan Mengapa Kita Dilarang Tidur Pagi Hari
Yuk, disiplinkan waktu tidurmu di malam hari. (Konstantin Yuganov/Adobe Stock)

She - Setiap orang harus memiliki waktu yang cukup dan berkualitas untuk beristirahat (baca: tidur). Idealnya, orang dewasa harus tidur selama 7-8 jam dimulai pada pukul 20.00 hingga 24.00.

Sayangnya, tidak semua orang bisa disiplin untuk tidur. Banyak orang mengalami sulit tidur hingga baru bisa memejamkan mata pada dini hari. Tak pelak, mereka pun masih terlelap di pagi hari.

Tahukah kamu, saat matahari mulai meninggi, produksi melatonin akan berkurang hingga kamu pun merasa segar. Jika kamu tidur di pagi hari, makan jam biologismu akan terganggu. Jika memang mengalami kurang tidur, boleh saja tidur pagi hari tapi hanya sesekali saja untuk mengisi kekurangan durasi tidurmu.

Ketika jam biologismu terganggu, satu hal yang pasti kamu rasakan adalah bad mood. Bahkan bisa jadi jika jam tidurmu selalu kurang, kamu dapat mengalami cemas berlebih bahkan depresi.

Berikut ini 4 bahaya kesehatan yang bisa terjadi jika kamu tidur di pagi hari, dikutip dari Express.co.uk.

Baca Juga: Cegah Kerutan DIni dengan Bahan Alami Ini, Bikin Awet Muda!
Ingin Tidur Berkualitas, Kenali Tahapan Tidurmu

#1 Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Tidur di pagi hari yang artinya melawan jam biologis tubuh ternyata dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Akibatnya, tekanan darah ke jantung menjadi lebih tinggi dan menaikkan level zat kimia tertentu dalam tubuh yang bisa memicu peradangan.

#2 Meningkatkan Risiko Penyakit Diabetes

Tidur di pagi menyebabkan perubahan metabolisme karena perubahan jam biologis tubuh, terutama bagaimana cara tubuh mengubah glukosa menjadi energi. Kurangnya tidur di malam hari yang kemudian berlanjut ke pagi hari itu membuat pelakunya berisiko tinggi terkena diabetes.

#3 Menurunkan Tingkat Kesuburan

Kurang tidur di malam hari dapat mengurangi produksi hormon reproduksi baik pada laki-laki dan perempuan. Kondisi tersebut tentu menurunkan tingkat kesuburan.

#4 Menurunkan Gairah Seksual

Ada hubungannya dengan poin 3 di atas, mereka yang sering begadang di malam hari dan tidur di pagi hari terbukti memiliki libido yang berada di bawah angka normal. Bahaya ini sama berlakunya baik untuk laki-laki dan perempuan. Kamu tentu tidak ingin keharmonisan rumah tangga terganggu akibat jam biologismu terganggu, kan?

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya