she.id

Ingin Turunkan Berat Badan? Jangan Musuhi Karbohidrat

Ingin Turunkan Berat Badan? Jangan Musuhi Karbohidrat
Ada dua jenis karbohidrat yang harus kamu ketahui. (Sydney Health Center)

She - Bagi kamu yang ingin melaksanakan program penurunan berat badan (BB), karbohidrat seolah menjadi musuh besar yang benar-benar harus ditinggalkan. Karbohidrat selama ini memang dituding sebagai penyebab utama kenaikan BB.

Bermunculannya jenis diet dengan program rendah karbohidrat semakin membuatmu takut makan karbohidrat. Faktanya, karbohidrat bukan semata penyebab kamu tidak bisa menurunkan BB.

Sebelum memutuskan memusuhi karbohidrat, kamu harus tahu dulu tentang dua jenis karbohidrat, seperti dikutip dari NDTV.

Pertama, karbohidrat sederhana yang dicerna dan diserap tubuh dengan cepat. Mengonsumsi karbohidrat sederhana membuat kamu kenyang dan berenergi. Contohnya minuman manis, susu, pasta, dan gula manis. Karbohidrat inilah yang harus dikendalikan porsinya agar tidak menyebabkan kenaikan BB.

Kedua, karbohidrat komplek. Karbohidrat ini lebih bergizi, berprotein dan berserat, hingga butuh waktu lebih lama untuk dicerna tubuh.

Baca Juga: Cegah Kerutan DIni dengan Bahan Alami Ini, Bikin Awet Muda!
3 Langkah Diet Antikanker untuk Sehat Lebih Lama

Jika kamu memilih diet keto untuk menguruskan tubuh, kamu sebetulnya masih bisa mengonsumsi karbohidrat. Yaitu pada waktu mendekati olahraga. Karbohidrat bagaimana pun juga adalah makronutrien penting yang menjadi sumber energi tubuh.

Demikian pula jika kamu merasa insomnia yang kerap dikeluhkan sebagai efek samping diet keto, bisa saja mengonsumsi sedikit karbohidrat untuk membuat kenyang juga membantumu relaks hingga mudah tidur lebih cepat.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya