she.id

Cara Menghindari Penularan Virus Corona

Cara Menghindari Penularan Virus Corona
pencegahan virus corona dengan mencuci tangan

She - Penyebaran virus corona (coronavirus) terus meluas sampai kawasan Asia mulai dari Thailand, Korea Selatan bahkan ke Amerika Serikat.  Otoritas kesehatan dari berbagai negara kini tengah melakukan investigasi terkait penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan China.

Melansir situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Virus Corona menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga lebih parah seperti Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) dan Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS).

Belum ada vaksin yang dapat mengobati virus corona, namun tindakan pencegahan dapat dilakukan untuk mengatasi tertularnya virus corona. Berikut cara pencegahan tertular virus corona seperti rekomandasi standar yang disarankan WHO.

Baca Juga: Waspada, Coronavirus dari Cina Yang Mematikan
Hand Sanitizer Lebih Ampuh Bunuh Kuman dari Sabun Antiseptik?

  1. Sering sering mencuci tangan dengan sabun berbasis alkohol atau sabun dengan air. Bilas dengan air sekurang sampai 20 detik.
  2. Ketika batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan telapak tangan atau tisu lalu buang tisu tersebut ke dalam kotak sampah dan segera cuci tangan.
  3. Hindari kontak dengan siapa pun yang menderita batuk dan demam.
  4. Ketika mengunjungi pasar di wilayah yang mengalami kasus terjangkitnya virus corona, hindari kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.
  5. Hindari konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang. Olah makanan seperti daging mentah, susu, atau organ hewani lain dengan baik untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah.  

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya