she.id

Pengawet Makanan Kalsium Propionat Amankah Dikonsumsi?

Pengawet Makanan Kalsium Propionat Amankah Dikonsumsi?
Pengawet makanan ini tidak diserap tubuh.

She - Kalsium propionat (calcium propionate) adalah zat aditif yang paling banyak ditemukan pada produk makanan, terutama makanan yang dioven atau dipanggang.

Kalsium propionat bertindak sebagai pengawet untuk membantu memperpanjang umur simpan dengan menghentikan pertumbuhan dan reproduksi mikroorganisme.

Meskipun sangat membantu dalam pembuatan makanan nuntuk produsen makanan, namun apakah kalsium propionat aman dikonsumsi? Berikut penjelasannya seperti dilansir zliving.com.

Kalsium propionat adalah garam organik yang terbentuk secara alami yang dibentuk oleh reaksi antara kalsium hidroksida dan asam propionat. Biasanya digunakan sebagai bahan tambahan makanan yang dikenal dengan sebutan E282.

Contoh produk kalsium propionat. (Bakewala)

Zat ini ditemui dalam berbagai produk makanan, termasuk di antaranya;

  1. Makanan yang dipanggang: roti, kue kering, muffin, dll.
  2. Produk susu: keju, susu bubuk, whey, yogurt, dll.
  3. Minuman: minuman ringan, minuman buah, dll.
  4. Minuman beralkohol: bir, minuman malt, anggur, dll.
  5. Daging olahan: hot dog, ham, daging sapi, dll

Pertumbuhan jamur dan bakteri adalah masalah yang mahal dalam industri makanan yang diproses dengan cara pemanggangan karena dianggap sebagai kondisi ideal untuk pertumbuhan jamur.

Kalsium propionat telah disetujui untuk digunakan dalam produk makanan oleh Food and Drug Administration (FDA), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), juga Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO).

Kalsium propionat dipelajari secara ekstensif oleh FDA sebelum diklasifikasikan sebagai "secara umum diakui sebagai aman".

Terlebih lagi, WHO dan FAO belum menetapkan asupan harian yang dapat diterima, yang berarti itu dianggap risiko yang sangat rendah. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa memberi makan tikus 1-3 gram kalsium propionat setiap hari selama 4-5 minggu tidak berdampak pada pertumbuhan.

Baca Juga: Jangan Lupakan Sarapan, Justru Bikin Gemuk!
Rentetan Efek Negatif Usai Makan Burger Dengan Jus Jeruk

Demikian pula, penelitian 1 tahun pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung 4% kalsium propionat, tidak memiliki efek toksik.

Penting juga dicatat bahwa tubuh tidak menyimpan kalsium propionat, yang berarti tidak akan menumpuk di sel-sel tubuh. Sebagai gantinya, zat tersebut diuraikan oleh saluran pencernaan dan selanjutnya dibuang.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya