she.id

Merasa Sudah Baik, Mengapa Masih Diuji?

Merasa Sudah Baik, Mengapa Masih Diuji?
Karena orang yang ingin menjadi manusia pilihan pasti mendapat ujian-Nya. (shutterstock.com)

She - Menjadi orang yang selalu taat menjalankan perintah agama tidak semudah membalik telapak tangan. Orang tersebut harus melalui jalan terjal penuh tantangan dan ujian.

Oki Setiana Dewi mengungkapkan bahwa orang yang memutuskan untuk mencari rida Allah pastilah mendapat ujian. “Itu sunnatullah,” kata Oki.

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ‘Kami telah beriman’. Sedang mereka tidak diuji?” (QS. Al-Ankabut: 2)

Karena itulah ,menurut Oki, seorang Muslim harus belajar untuk hidup ikhlas. Dalam artian, dicaci atau dipuji, dilihat atau tidak dilihat manusia lain, itu tidak menjadi masalah untuknya. Karena yang dicari adalah perhatian Allah Swt.

View this post on Instagram

A post shared by Oki Setiana Dewi (@okisetianadewi) on

Manusia harus meminta kepada Allah untuk dijadikan hamba yang ikhlas. Dengan begitu, ia tidak akan mudah menyerah dan putus asa untuk selalu berbuat baik dan mempelajari quran.

Lalu mengapa ada manusia yang mengaku sudah mengetahui berbagai aturan agama dari Alquran dan ceramah para ustaz, masih saja sulit mengamalkan kebaikan dalam hidupnya?

Menurut Oki, menghindari maksiat adalah kunci menuju hijrah yang komprehensif. Cahaya hidayah tidak akan bisa dirasakan seutuhnya ketika manusia tidak konsisten dengan keimanan dan keislamannya. Hari ini taubat, esok maksiat. Begitu seterusnya. Bergantian.

Baca Juga: Masya Allah, Kisah Anak 11 Tahun Ingin Jadi Mualaf Menyentuh Hati
Ucap Dua Kalimat Syahadat, Video Penyanyi Ini Bikin Merinding

Berhati-hatilah jika itu masih kita lakukan. Ingat, Allah akan mematikan manusia sesuai kebiasaannya. Bila kita menginginkan meninggal dalam keadaan husnul khatimah, kita harus berusaha sekuat tenaga menghindari maksiat hingga ajal menjemput.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya