she.id

Inspiratif, Simak Alasan 4 Perempuan Amerika Ini Mantap Berhijab

Inspiratif, Simak Alasan 4 Perempuan Amerika Ini Mantap Berhijab
Ini bukan sekedar penutup kepala, simak alasan keempat wanita sukses yang mantap berhijab ini (sumber foto: allure.com)

She - Tanpa disadari kebanyakan muslimah atau masyarakat dunia kebanyakan dalam menerjemahkan hijab. Hijab secara harfiah berarti 'penutup', namun untuk lebih akurat, hijab sendiri memiliki arti sebagai kesederhanaan, privasi, kehormatan dan moralitas.

Bentuk paling umum dalam mengartikan keempat kode sosial itu adalah mengenakan hijab atau jilbab. Namun interpretasi dalam pemakaian hijab, seluruh dunia secara subyektif memiliki caranya masing-masing.

Dilansir dari allure.com, penutup kepala yang secara umum dikenakan mayoritas banyak wanita Muslim Amerika, empat dari sepuluh hasil survey di Pusat Penelitian Islamofobia di awal tahun 2000-an, telah menempatkan hijab dalam artian negatif atau berbahaya. 

Inilah mengapa 4 hijabers sukses yang tinggal di Amerika memiliki alasan tersendiri ketika mantap berhijab, berikut daftarnya:

Maria Alia

View this post on Instagram

Beautiful second day of the year! Wearing my new @loewe via @luisaviaroma #luisaviaroma

A post shared by Maria Alia Al-Sadek (@mariaalia) on

Maria adalah wanita berdarah Amerika-Palestina yang berprofesi sebagai model dan konsultan kreatif, mantap berhijab sejak SMA. "Sejujurnya saya cukup gugup kembali ke sekolah setelah memutuskan berhijab ketika liburan musim panas. Tentu saja saya mendapatkan pertanyaan dan tatapan aneh dari teman-teman saat itu," kata Maria mengingat memori awal berhijabnya.

Maria merasa bahwa ia merasa lebih memiliki power dan berdaya ketika berhijab, "Hijab melambangkan keyakinan dan budaya saya. Saya memakainya lebih dari satu dekade dan saya sepenuhnya cinta. Inilah alasan saya memutuskan berhijab karena hal inilah yang ternyata memberdayakan saya secara positif dan saya nyaman," jelasnya.

Shahd Batal

View this post on Instagram

Incredibly proud of @aasian’s @weareuprisers__ collab, available now #MagandangMorenx

A post shared by Shahd Batal (@shahdbatal) on

Wanita berusia 23 tahun berdarah Sudan-Amerika ini memutuskan berhijab ketika menginjak usia 21 tahun. Dilansir dari popsugar.com, Shahd memutuskan berhijab ketika bangun tidur! 

"Suatu hari saya terbangun dan memutuskan mengenakan hijab. Saya tahu bahwa keputusan itu akan mempengaruhi setiap aspek hidup saya dan saya tidak peduli. Saya tetap memberitahu keluarga dan saya tahu saya tidak akan melepaskannya," tegas Shahd.

Ia juga menegaskan bahwa hijab membuatnya lebih kuat dalam menghadapi kehidupan, "saya merasa lebih powerful dan (pendapat saya) didengar," timpalnya.

Habiba Da Silva

Wanita berdarah Brazil-Lebanon yang tinggal dan sukses bangun bisnis di Amerika ini. Ia merupakan salah satu wanita berpengaruh di dunia fesyen, make up dan clothing line muslim disana. Ia sudah jatuh cinta dengan ide berpakaian sopan dihadapan orang asing yang bukan keluarganya sejak usia 10 tahun. 

"Beberapa orang pikir bahwa wanita berhijab terkurung di dalam rumah, atau menjadi budak suaminya. Padahal mereka tidak membuka mata bahwa kami (wanita berhijab) justru muncul ke permukaan sebagai pebisnis yang sukses, dokter bedah, ahli matematikan, walikota, bahkan presiden!," tegas Da Silva.

"Hijab tidak pernah sama sekali menghalangi kami untuk mencapai impian dan tujuan kami, justru mindset yang melakukannya," timpalnya lagi.

Yasmine Simone

Seorang content creator berdarah Afrika-Amerika berusia 21 tahun ini mengenakan hijab sejak usia 11 tahun. Ia selalu berkata pada kawan-kawannya yang penasaran bahwa ia merasa aman dengan hijab dan menjadi diri sendiri dengan mengenakan hijab.

"Hijab memberdayakan saya setiap hari. Kawan-kawan non muslim saya sering mencoba memakainya untuk merasakan pengalaman berhijab," jelasnya.

Namun karena pengetahuan yang tidak tepat sering membuat wanita non muslim terkadang skeptis atau merasa bersalah ketika mencoba mengenakannya, "Orang-orang bertanya padaku apakah hijab hanya untuk wanita muslim, dan apakah lancang jika ada wanita non muslim mencoba mengenakannya?," timpalnya keheranan ketika mengingat reaksi kawan-kawannya tentang mencoba mengenakan hijab. 

Nah, pas banget nih,sejak tahun 2013, tiap tanggal satu Februari diperingati sebagai Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day. Idenya adalah memberi kesempatan untuk kamu yang belum berhijab atau bahkan wanita non muslim diajak untuk mencoba mengenakan hijab atau kerudung selama satu hari. 

Bukan untuk mengubah keyakinan atau memaksakan apapun, tapi justru untuk memuaskan rasa ingin tahu dan penasaran kamu tentang Islam atau hijab. Kamu bisa cek laman instagram organisasi World Hijab Day pusat yang lahir di New York, AS di @worldhijabday

View this post on Instagram

Let’s unite on World Hijab Day on February 1st, 2020 by wearing the hijab for a day in solidarity with Muslim women who are discriminated globally for wearing their hijab. This is an open invitation to both Muslim and non-Muslim. Let’s create a world of more religious tolerance and understanding!! #EmpoweredinHijab . Thank you @ingyillustrations for your amazing art work in support of World Hijab Day 2020#WorldHijabDay #Fashion #hijab #hijabersindonesia #hijabtutorial #hijabers #hijabi #hijaber #hijabindo #hijabfashion #hijabdaily #food #hijabbandung #hijabista #hijaberscommunity #hijabinspiration #hijablife #hijablove #islam #muslim #muslimahfashion #muslimah #muslimahwear #muslims #muslimwomen #Myhijabstory #allah #quran

A post shared by World Hijab Day Organization (@worldhijabday) on

Dan kamu bisa cek event peringatan Hari Hijab Sedunia di tanah air melalui akun perwakilan World Hijab Day Indonesia di @worldhijabday_indonesia

View this post on Instagram

Bismillah, INFO UPDATE PINDAH VENUE! -- Assalamu'alaikum salihah sisters! . WARDAH X HIJAB MOTION for #worldhijabday2020 Indonesia Welcome you to join a one day event! . Organized by : @hijab_motion @worldhijabday_indonesia @worldhijabday . Akan ada 2 rangkaian acara yang berlangsung di tanggal 2 Februari 2020, yaitu : . HIJAB ON THE STREET 07.00 - 10.00 wibCFD Area, sisi kanan Pintu Gerbang SUGBK , Senayan, Jakarta Rangkaian acara : - Berbagi Hijab (kita akan berbagi hijab gratis disekitar sana) - Hijab Charity Drop Box (Bawa hijab layak pakai kamu untuk dimasukkan ke charity drop box,,dan dapatkan produk wardah) - Hijab Trials (kita menyediakan beberapa hijab yang bisa dicoba on the spot, terbuka untuk semua wanita yang ingin mencoba memakai hijab) - Games & keseruan lainnya (dapatkan hadiah lainnya untuk kamu yang mau seru-seruan ikut games di spot kita nanti) .PUBLIC SPEAKING WORKSHOP 13.00 - 15.00 wib Hotel Dharmein @dharmeinhoteljakarta , Kawasan Mall Blok M, Jakarta Selatan Rangkaian acaranya : - Materi public speaking by @speak.project - Sharing lintas profesi para peserta - Empowering each others - Games, doorprize keseruan lainnya Pastikan kamu ikut semua rangkaian acaranya yaa.. untuk ikutmeramaikan hijab on the street, kamu bisa langsung dateng aja.. . Untuk ikut public speaking workshop kamu bisa klik link yang ada di bio kami ya! Masih ada 5 seat terakhir! Jadi cepetan yaa.. Registrasi Public Speaking Workshop : IDR 50.000/person IDR 80.000/2person (Include : Workshop, Goodie bags, Snack & Drinks, e-certificate as requested) . Community Partner : @komunitasjurnalisberhijab Supported by : @wardahbeauty @speak.project @dharmeinhoteljakarta @suqmaid @vanillahijab @zabyahijab @aqeerahijab . Media Partner : @dreamcoid @sheidofficial @genpi.co @muslimahdailycom @gomuslim @makassarterkini . #worldhijabday2020 #wardahxhijabmotionxworldhijabdayindonesia #empoweredinhijab #WHDIndonesia

A post shared by World Hijab Day Indonesia (@worldhijabday_indonesia) on

[baca_juga]

Sampai jumpa!

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya