she.id

Warga Natuna Tolak Karantina 238 WNI dari Wuhan

Warga Natuna Tolak Karantina 238 WNI dari Wuhan
Warga Natuna protes kedatangan WNI dari Wuhan (foto: Antara)

She - Warga Natuna ramai-ramai menggelar protes rencana Pemerintah Pusat menjadikan Natuna sebagai tempat observasi bagi 238 WNI dari Wuhan, China, Minggu (02/02/20).

Dijadikannya Natuna sebagai tempat observasi menurut Panglima TNI Hadi Tjahjanto karena lokasi observasi jauh dari tempat tinggal penduduk dan TNI memiliki sarana dan fasilitas lengkap di sana.

Warga Natuna seolah tidak menyimak atau tidak mengidahkan penjelasan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menjelaskan bahwa para WNI dari Wuhan tersebut telah terbukti sehat melalui screening yang dilakukan sebelum pemulangan mereka ke Indonesia.

Terkait protes tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau tokoh politik dan tokoh masyarakat setempat dapat menenangkan situasi.

“Pemerintah sudah melakukan evakuasi sesuai standar WHO. Keamanan masyarakat terjamin. Mereka yang datang dari Wuhan juga sebelumnya sudah dinyatakan sehat,” ujar Johnny (02/02/20).

Dengan beredarnya berita seputar virus corona yang berasal dari Wuhan, China dianggap sangat membahayakan, masyarakat diliputi ketakutan.

Baca Juga: Gara-Gara Virus Corona, Orang Asia di Eropa Hadapi Rasisme
China Geram Bintang di Benderanya Diganti Virus Corona

Mereka menyampaikan 6 tuntutan kepada pemerintah. Di antaranya, meminta karantina WNI Wuhan dilakukan di kapal KRI, mendirikan posko kesehatan lengkap untuk menjamin kondisi kesehatan masyarakat Natuna, meminta Menteri Kesehatan berkantor di Natuna—sebagai jaminan kesehatan, dan meminta Pemerintah Pusat mensosialisasikan dengan baik rencana yang ingin dijalankan di daerah-daerah.

Hal tersebut juga dipertegas Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat melepas tim evakuasi ke Wuhan, Sabtu (01/02/20), bahwa tim evakuasi bahkan mengenakan pakaian antivirus selama penerbangan ke Wuhan dan kembali dari sana.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya