she.id

World Hijab Day Indonesia 2020: Empowered in Hijab!

World Hijab Day Indonesia 2020: Empowered in Hijab!
Serunya perayaan World Hijab Day Indonesia 2020 di area CFD, Gelora Bung Karno, Jakarta (foto: Ist)

She - Perayaan World Hijab Day Indonesia 2020 di Jakarta berlangsung meriah, Minggu (02/02/20). WHD bersama Hijab Motion menggelar dua acara seru berupa Hijab on The Street dan Public Speaking Workshop.

Di pagi hari, kegiatan Hijab on The Street digelar pukul 07.00-10.00 WIB di area Car Free Day Gelora Bung Karno, Jakarta. Para WHD Ambassador beserta para hijabers yang datang mengadakan berbagi hijab (giveaway), tutorial hijab, donasi hijab dalam bentuk charity dropbox, juga berbagai games seru.

Melanjutkan keseruan Hijab on The Street, pada siang harinya diadakan Public Speaking Workshop bertema “Share Your Stories, Empower Others” bekerja sama dengan Speak Project.

Workshop yang diadakan di Hotel Dharmein, Kawasan Blok M, bertujuan memberi pembekalan bagi para hijabers untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik di depan publik agar dapat menyampaikan pesan-pesan positif secara efektif.

Dalam workshop yang diikuti 50 peserta ini, Sandika Dewi—founder Speak Project—memberikan tips dan trik bagaimana menjadi seorang pembicara handal yang dapat menjadi influencer bagi sesama Muslimah.

Dengan tema “Empowered in Hijab”, perayaan World Hijab Day 2020 di Indonesia diharapkan dapat menjadi bekal bagi para Muslimah berhijab untuk tak ragu melangkah maju untuk menjadi yang terbaik dalam bidang mereka masing-masing.

 

Apa Itu World Hijab Day?

Perayaan Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day jatuh setiap tahun tanggal 1 Februari.

World Hijab Day (WHD) awalnya adalah gerakan untuk perempuan di Amerika Serikat ‘merasakan’ pengalaman menjadi seorang Muslimah dengan mengenakan hijab selama 1 hari.

Gerakan yang digagas Nazma Khan ini menjadi salah satu cara umat Muslim untuk menolak diskriminasi, terutama terkait hijab.

WHD kemudian menjadi gerakan populer yang dilaksanakan di 146 negara. WHD juga WHD Ambassador di 20 negara, termasuk Indonesia.

Empat nama yang terpilih menjadi WHD Ambassador Indonesia adalah Trifty Qurrota, Caesaria Apriliani, Alin Rizkiana, dan Maria Hendrika.

World Hijab Day tahun 2020 mengangkat tema “Empowered in Hijab” (#EmpoweredInHijab). Tema ini dipilih karena hijab bukan lagi penghalang bagi Muslimah seluruh dunia untuk beraktifitas di berbagai bidang, melainkan sebuah kesempatan untuk menjadi berdaya.

Terlebih di Indonesia, implikasi “Empowered in Hijab” bagi para Muslimah adalah kesempatan untuk tampil ke muka dan mensyiarkan nilai-nilai positif yang inspiratif bagi masyarakat dan negara tercinta.

World Hijab Day Ambassador Indonesia: (ki-ka) Caesaria Apriliani dan Trifty Qurrota. (foto: Ist)

Menurut salah satu WHD Ambassador Indonesia, Caesaria Apriliani, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, Muslimah berhijab di Indonesia memang tidak mendapatkan diskriminasi sekeras Muslimah di Amerika atau negara minoritas lain. Karena itulah, Caesaria menerjemahkan kewajiban berhijab lebih kepada pendekatan women empowerment. Artinya, dengan berhijab, perempuan Muslim tidak dibatasi gerak langkahnya untuk berkontribusi dan berprestasi di masyarakat.

Baca Juga: Coming Soon! Intip Agenda Peringatan World Hijab Day Indonesia
Sandika Dewi, Hijaber Inspiratif Bagi Public Speakers

“Harapan kami, WHD diterima gaungnya secara positif di Indonesia. Ide utamanya adalah setiap perempuan di dunia mendapat kesempatan memuaskan rasa penasarannya tentang Islam atau tentang hijab dengan mencoba mengenakan hijab di tanggal 1 Februari. Dengan demikian, sesama perempuan akan saling memberi dukungan, saling percaya, saling menebar kebaikan, tak peduli apa pun kepercayaan mereka,” pungkas Caesaria.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya