she.id

Dubes China: Tak Perlu Setop Perdagangan Karena Virus Corona

Dubes China: Tak Perlu Setop Perdagangan Karena Virus Corona
Dubes China untuk Indonesia: Jangan berlebihan sikapi virus corona. (Kompas TV)

She - Terkait kebijakan pemerintah menyetop sementara impor barang dari China, Duta Besar RRC untuk Indonesia Xiao Qian menegaskan bahwa penularan virus corona tidak terjadi melalui barang.

“Larangan penerbangan turis dan impor barang hanya akan merugikan ekonomi Indonesia,” ujar Xiao Qian di Jakarta (04/02/20).

Menurut Dubes China, WHO tidak mendukung pemberhentian perdagangan karena belum terbukti bahwa virus corona menular melalui bahan pangan.

Xiao Qian juga menegaskan bahwa RRC merupakan negara mitra dagang Indonesia yang menyumbang pemasukan untuk negara dalam jumlah besar. Belum lagi jutaan turis China yang datang ke Indonesia setiap tahun.

“Pemberhentian penerbangan dan perdagangan dari dan ke China akan berdampak negatif untuk Indonesia,” kata Dubes China.

Menyikapi protes Dubes China tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Indonesia sudah bersikap profesional. Indonesia tidak terburu-buru mengambil keputusan.

Menurut Menhub, saat negara-negara lain dengan cepat memutuskan ‘hubungan’ dengan China (menyetop penerbangan dan evakuasi warga negara dari China), Indonesia tidak melakukannya sampai ada keterangan resmi dari WHO (World Health Organization) terkait penularan virus corona.

Baca Juga: Warga Natuna Tolak Karantina 238 WNI dari Wuhan
China Geram Bintang di Benderanya Diganti Virus Corona

“Artinya, kita (Indonesia) sudah bersikap profesional dalam menyikapi penularan virus corona dalam hubungan bilateral dengan China,” ungkap Menhub.

Hingga Selasa, 4 Februari 2020, jumlah korban meninggal akibat virus corona di China mencapai 425 orang.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya