she.id

Jokowi: Indonesia-Australia Harus Kompak Bak Avengers di End Game

Jokowi: Indonesia-Australia Harus Kompak Bak Avengers di End Game
Presiden Joko Widodo dan PM Australia Scott Morrison (Foto: Biro Foto Istana/Setkab)

She - Presiden Joko Widodo berbicara di depan parlemen Australia dalam rangka kunjungan kerjanya di Negeri Kangguru tersebut, Senin (10/02/20), dikutip dari siaran pers resmi Istana Kepresidenan.

(AFP)

Dalam pidatonya di Canberra di hadapan PM Australia Scott Morrison, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dan Australia harus menjadi mitra yang kompak untuk menciptakan kestabilan di tengah ketidakpastian global saat ini. Presiden mengilustrasikan kondisi saat ini seperti yang terjadi dalam film buatan Marvel Avengers End Game. “Jika semua kekuatan positif bersatu, semua Avengers bersatu, musuh bersama pasti bisa dilumpuhkan.”

Presiden Jokowi mengemukakan harapannya bahwa Indonesia dan Australia dapat menjadi teman sejati. Kedua negara harus mampu berkolaborasi sebagai mitra pembangunan, memperkecil skala kemiskinan dan kesenjangan sosial, menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru, serta mengatasi dampak perubahan iklim di kawasan Pasifik.

Baca Juga: Greta Thunberg Daftarkan Namanya Jadi Merek Dagang
Dubes China: Tak Perlu Setop Perdagangan Karena Virus Corona

Presiden mengimbau kedua negara untuk bekerja sama di bidang perdagangan, pengembangan SDM, hingga pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan. “Kita harus bahu-membahu melakukan reboisasi hutan dan hulu sungai, mencegah kebakaran hutan dan lahan, juga berkomitmen mengurangi emisi karbon serta mengembangkan energi terbarukan,” ujar Presiden Jokowi.

Lawatan Presiden Joko Widodo ke Australia berlangsung 8-10 Februari dengan serangkaian agenda, di antaranya menghadiri pertemuan bilateral dan menghadiri penandatanganan sejumlah nota kesepahaman.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya