she.id

Kamu Alami 3 Hal Ini? Segera Hentikan Kebiasaan Makan Junk Food

Kamu Alami 3 Hal Ini? Segera Hentikan Kebiasaan Makan Junk Food
Enak sesaat, penyakit bertubi-tubi datang setelahnya. (Foto: Times of India)

She - Sesuai namanya, junk food adalah ‘sampah’ yang bisa mengganggu kesehatanmu. Junk food adalah makanan rendah nutrisi yang tidak menyehatkan bahkan memiliki dampak serius terhadap kesehatan.

Satu hal yang pasti adalah kenaikan berat badan yang tidak bisa dikendalikan. Sudah banyak penelitian bahwa makanan cepat saji yang dikonsumsi terus-menerus dapat menyebabkan obesitas. Minimnya serat dan vitamin menjadi salah satu penyebab mengapa tubuh sulit mencerna junk food. Tentu saja, obesitas merupakan ‘pintu masuk’ untuk penyakit jantung. Mengerikan bukan?

Dikutip dari boldsky.com, berikut ini tiga di antara masalah kesehatan yang pasti menganggumu jika terlalu banyak mengonsumsi junk food.

Gangguan Pencernaan

Terlalu banyak junk food membuatmu mudah mengalami berbagai gangguan pencernaan. Mulai dari sembelit, perut kembung, hingga gastroesophageal reflux disease (GERD) dan irritable bowel syndrome (IBS). Penumpukan retensi air di perut akibat banyaknya sodium dalam junk food membuat kamu cepat merasa kembung dan merasa tidak nyaman pada perut.

Depresi

Tahukah kamu, junk food dapat menyebabkan ketidakmampuan manusia dalam mengatasi stres. Menurut sebuah penelitian, kandungan zat dalam junk food bisa mengubah aktivitas kimia otak hingga seseorang mudah mengalami depresi.

Kesulitan Mengingat

Junk food yang dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang berarti menumpuk lemak dan gula. Akibatnya, kamu akan mengalami kemunduran daya ingat, kurang fokus, dan daya tangkap belajarmu pun menurun. Junk food berisiko memperburuk bagian otak yang bertugas untuk belajar dan mengingat.

Baca Juga: Ladies, Jika Tubuh Alami 5 Masalah Ini Segera ke Dokter!
Benarkah Air Kemasan Bisa Kedaluwarsa?

Nah, jika kamu adalah penggemar berat pizza, burger, kue-kue manis dan makanan lain yang banyak mengandung fruktosa, tepung putih, pemanis buatan, minyak, juga terlalu banyak MSG (monosodium glutamate), saatnya kamu menghentikan kebiasaan buruk ini. Percayalah, tidak ada yang bermanfaat dari mengonsumsi makanan rendah nutrisi alias junk food.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya