she.id

Fakta Seputar Travel Insurance Yang Kamu Harus Pahami

Fakta Seputar Travel Insurance Yang Kamu Harus Pahami
Jadilah smart traveler! (foto: tripsavvy.com)

She - Bagi kamu yang hobi traveling, travel insurance alias asuransi perjalanan menjadi satu hal penting yang harus dimiliki. Baik itu traveling mengelilingi Indonesia maupun traveling keliling dunia.

Mengutip berbagai sumber, dari sekian jenis travel insurance, salah satu yang paling umum adalah asuransi internasional yang mencakup risiko medis dalam jangka waktu tertentu. Ada yang berskala tahunan hingga bisa mencakup semua perjalanan dalam maupun luar negeri. Travel insurance juga tersedia bagi para mahasiswa yang kuliah di luar negeri berupa student assist.

Secara general, pengajuan klaim asuransi perjalanan sama seperti yang berlaku di Indonesia. Hanya saja, sistem yang dipakai umumnya adalah reimburse. Saat berobat ke dokter di negara tujuan, pastikan ada keterangan dokter dan bukti pembayaran yang akan digunakan untuk klaim asuransi. Untuk pendaftaran travel insurance kini  tak perlu repot-repot karena bisa melalui registrasi online.

Banyak orang menganggap asuransi perjalanan hanya ‘buang-buang’ uang. Padahal, premi yang dibayar hanya sepersekian persen dari biaya traveling yang dikeluarkan. Besar kecilnya jumlah uang yang dibayar untuk travel insurance dan tanggungan risiko bisa berbeda antara satu perusahaan asuransi dengan lainnya.

Ada pula travel insurance yang memberikan premi tambahan misalnya untuk perlindungan rumah selama ditinggal berlibur. Poin ini biasanya ‘digemari’ oleh traveler yang memang rutin menghabiskan waktu panjang untuk mengunjungi banyak daerah atau negara.

Ada pula asuransi perjalanan yang memasukkan pasal “kondisi berbahaya” untuk tambahan proteksi. Misalnya saja, jika harus melakukan perjalanan ke negara yang sedang dilanda konflik atau banyaknya aksi teror.

Baca Juga: Helsinki, Kota Ideal untuk Membesarkan Anak. Kamu Setuju?
Traveling Penting Bagi Anak, Ini Pendapat Para Ahli

Travel insurance adalah suatu langkah proteksi diri agar kamu bisa tenang saat berada di luar kota atau luar negeri. Kamu juga tak perlu bingung merogoh kocek dalam-dalam jika membutuhkan tindakan medis di negeri orang. Yuk, jadi smart traveler agar semua perjalanan menjadi penuh makna.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya