she.id

Atasi Penyakit Maag dengan Cara Alami

Atasi Penyakit Maag dengan Cara Alami
ilustrasi terkena penyakit maag (shutterstock).

She - Hampir semua orang pasti pernah mengalami penyakit maag atau radang lambung. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh berbagai macam hal diantaranya pola makan atau tidur yang tidak teratur hingga tingkat stres yang tinggi. Maag sendiri merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadinya luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas dan perih pada perut.

Bagi penderita maag akut, penyakit ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa mengancam jiwa. Pada dasarnya maag dapat dicegah dengan pola makan teratur dan hidup sehat. Namun untuk mencegahnya, selain mengkonsumsi obat penghilang maag, Kamu juga bisa melakukannya dengan cara alami. Berikut beberapa cara yang bisa Kamu lakukan ketika asam lambungmu mulai meninggi.

1. Menggunakan kunyit
Kunyit berkhasiat dalam mengatasi penyakit maag. Caranya, Kamu hanya perlu membuat ramuan dari tanaman rempah-rempah ini. Siapkan 2-3 ruas kunyit, kemudian kupas kulit hingga bersih. Setelah itu, parut kunyit dan peras menggunakan saringan. Selanjutnya, minum air perasan kunyit tersebut secara rutin di pagi dan sore hari.

2. Memanfaatkan sari kedelai
Sari kedelai cukup ampuh mengobati maag, karena mengandung zat yang sangat baik seperti antioksidan, kaya akan nutrisi, vitamin, protein dan juga lemak nabati. Kamu hanya perlu meminum kedelai yang telah dihaluskan dengan menambahkan air hangat.

3. Menggunakan daun jambu biji
Selain sebagai obat diare, daun jambu biji juga bisa menghilangkan penyakit maag. Caranya 7 lembar daun jambu biji yang masih segar dicuci hingga bersih. Selanjutnya, rebus daun jambu biji bersama air hingga mendidih. Kemudian saring dan dinginkan. Setelah dingin, Kamu bisa meminumnya maksimal 3 kali sehari di pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.

4. Menggunakan biji pepaya
Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, namun biji pepaya juga berkhasiat untuk meredakan maag. Keringkan dan jemur biji pepaya, kemudian tumbuk hingga halus. Jika sudah halus, Kamu bisa menyeduhnya dengan air panas. Aduk hingga tercampur merata, dan minum selagi hangat.

5. Menggunakan daun salam
Daun salam memiliki segudang manfaat untuk mengobati maag. Kamu cukup memanfaatkan 15-20 lembar daun salam dan merebusnya dengan air hingga mendidih. Agar rasa menjadi lebih enak, Kamu bisa menambahkannya dengan gula batu kemudian minum rebusan air tersebut.

6. Temulawak
Adapun cara mengobati maag dengan temulawak yaitu Kamu bisa mengiris dan memotong temulawak menjadi beberapa bagian. Setalah itu angin-anginkan temulawak tersebut. Kemudian rebus temulawak yang telah diangin-anginkan sampai mendidih. Minum air rebusan secara teratur hingga maag Kamu hilang.

Baca Juga: Inovasi Baru Infus Otomatis, Ini Kelebihannya
Yuk, Buat Sendiri Camilan Lezat Pancake Cokelat

7. Menggunakan biji pala
Kamu hanya perlu menyiapkan biji pala sebanyak 2-3 buah dan menumbuknya hingga halus. Lalu tambahkan serbuk pisang dan seduh dengan air hangat. Kemudian minum ramuan tersebut dengan rutin.

8. Lidah buaya
Selain berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan, lidah buaya juga efektif meredakan penyakit maag. Caranya kupas kulit lidah buaya dan bersihkan dari lendirnya. Kemudian rebus kulit lidah buaya sampai mendidih, tunggu hingga menyusut. Tambahkan madu dalam air rebusan tersebut guna menghilangkan rasa pahitnya. Setelah itu, minum sekali dalam sehari.

9. Kacang hijau
Kacang hijau bisa dibuat dengan berbagai macam olahan, seperti bubur kacang hijau ataupun minuman sari kacang hijau. Lebih dari itu, kacang hijau juga bisa diolah menjadi ramuan yang bisa digunakan dalam mengobati penyakit maag. Caranya cukup merendam kacang hijau selama 30 menit, kemudian rebus kacang hijau hingga mendidih. Setelah itu, makan kacang hijau beserta air rebusannya.

Beberapa tips di atas tersebut bisa Kamu coba untuk mengobati penyakit maag. Namun, jika maag Kamu tidak kunjung sembuh ada baiknya Kamu segera memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Video trending pilihan editor

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya