she.id

5 Wisata Kuliner Lezat di Samarinda, Yuk Icip-Icip!

5 Wisata Kuliner Lezat di Samarinda, Yuk Icip-Icip!
Nasi Kuning Taufik (sumber: google.com/maps)

She - Bepergian ke suatu tempat tentu tidak akan lengkap rasanya kalau tak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Begitu juga ketika Anda berada di Samarinda, Kalimantan Timur. Kota yang dibelah oleh Sungai Mahakam ini menyimpan kekayaan kuliner yang amat lezat.

Nah, mumpung masih di Samarinda, berikut daftar kuliner dan tempat makan yang wajib Anda kunjungi.

1. Nasi Kuning

Nasi Kuning Taufik (sumber: google.com/maps)

Menu yang satu ini mungkin terdengar biasa dan mudah dijumpai di mana-mana. Namun, di Samarinda nasi kuning ternyata jadi makanan khas dan favorit, lho. Lihatlah ada banyak sekali tempat makan yang menawarkan menu nasi kuning. Salah satu yang terkenal adalah Nasi Kuning Taufik di Jalan Diponegoro.

Berbeda dari nasi kuning pada umumnya, nasi kuning khas Samarinda cenderung lebih pera dan kaya bumbu. Aneka lauk mulai dari telur, mi bihun, tempe manis, dll pun tersedia di sini. Harga nasi kuning sekitar Rp20.000 per porsi.

2. Soto Banjar
Selain nasi kuning, kuliner khas Samarinda lain adalah soto Banjar. Makanan ini selalu jadi hidangan favorit warga Kaltim saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dalam proses pembuatannya, soto Banjar ternyata tidak menggunakan santan (tidak seperti soto jenis lainnya).

Nah, makanan ini biasa disantap dengan nasi atau ketupat, serta dihidangkan dengan suwiran ayam, perkedel kentang, telur, bihun, dan bawang goreng. Kedai soto Banjar yang terkenal di Samarinda adalah Soto Banjar Amado yang buka sejak tahun 1984.

3. Sate Banjar
Buat Anda yang kurang menyukai makanan berkuah, maka Sate Banjar bisa jadi pilihan yang tak kalah lezat. Uniknya, Sate Banjar murni 100% daging, tidak ada lemak maupun kulit. Jadi cocok sekali buat pengunjung yang sedang berdiet.

Selain itu, Sate Banjar juga menggunakan sambal kacang. Wah, terbayang kan seperti apa kelezatannya? Salah satu tempat makan Sate Banjar yang terkenal adalah Soto & Sate Banjar Ali Sohor yang terletak di Jl. Arief Rahman Hakim, Pinang Luar River, Samarinda Kota.

4. Ayam Cincane
Hmm… Namanya cukup membuat penasaran, bukan? Ayam cincane merupakan kuliner jempolan yang sangat disukai warga Samarinda. Menu ini merupakan ayam kampung bakar yang disajikan dengan sambal tomat.

Eits, jangan salah. Meski kelihatannya sama saja dengan olahan ayam bakar lainnya, soal rasa ayam cincane dijamin juara. Yup, ini berkat proses memasaknya yang berbeda. Sebelumnya, ayam direbus dengan bumbu dan rempah khusus, kemudian dilumuri bumbu lagi dan dibakar. Setelah matang, ayam dilumuri dengan sambal tomat. Dijamin bikin pengin nambah!

5. Gence Ruan


Gence Ruan (sumber: tokopedia.com)

Kuliner terakhir yang tak boleh lupa diicip-icip saat sedang berada di Samarinda adalah gence ruan. Makanan berbahan dasar ikan gabus ini konon selalu jadi favorit dan buruan wisatawan yang datang ke sana.

Gence ruan diolah dengan cara dilumuri garam, dibakar, lalu kemudian disiram dengan bumbu khusus yang lezat. Kuliner ini cocok dihidangkan bersama nasi putih panas saat makan siang.

Nah, sudah siap untuk menjajal kelima kuliner khas di atas? Jangan lupa cari hotel terdekat dengan tempat wisata agar agenda liburanmu lebih maksimal. Untuk urusan akomodasi, Airy menyediakan pilihan hotel di Samarinda yang nyaman dan terjangkau.

Ada tujuh jaminan fasilitas yang akan dinikmati setiap tamu, yakni kamar tidur bersih, AC, perlengkapan mandi dan hot shower, Wi-Fi gratis, TV layar datar, serta air minum. Jangan khawatir, semua transaksi di Airy sangat aman dan bebas penipuan, lho. Bagaimana, sudah siap liburan ke Samarinda? (adv)

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya