she.id

Cegah Cyberbullying, TikTok Luncurkan Fitur ‘Pelindung’

Cegah Cyberbullying, TikTok Luncurkan Fitur ‘Pelindung’
Social network yang digandrungi generasi Z (bloomberg)

She - Mencegah terjadinya perundungan siber alias cyberbullying, TikTok menghadirkan fitur ‘pelindung’ sekaligus bekerja sama dengan komunitas antibullying bernama Sudah Dong.

Dilansir dari arah.com, TikTok memiliki pilihan private pada pengaturan akun untuk pengguna memilih siapa yang bisa follow, duet, dan memberi komentar. Pengguna juga bisa mem-block komentar yang dirasa tidak pantas.

Untuk mendukung kebijakan mencegah cyberbullying, TikTok memiliki pedoman kebijakan komunitas. TikTok bekerja keras menyisir konten yang masuk berdasar pedoman tersebut. Dengan demikian, konten yang mengandung ujaran kebencian dan vulgar tidak akan bisa diunggah.

“Sedangkan untuk fitur private message pada TikTok hanya bisa mengirim teks. Jika pengguna ingin mengirim gambar dan video, harus lewat platform lain,” ujar Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok Indonesia, Selasa (11/02/20).

Danny menegaskan, selain memiliki learning machine, TikTok juga memiliki tim khusus human reviewer. Merekalah yang memantau TikTok selama 24 jam. Mereka berbasis di Indonesia, orang Indonesia, memahami bahasa Indonesia. Dengan demikian, mereka dapat menganalisis konten yang tidak sesuai pedoman kebijakan TikTok.

Terkait sosialisasi kebijakan tersebut, TikTok menggandeng komunitas antibullying Sudah Dong meluncurkan panduan antiperundungan siber berjudul “Sama Sama Aman, Sama Sama Nyaman”.

Baca Juga: Glamornya “Kerudung” Swarovski Janelle Monae di Oscar 2020
Ini Kata Psikolog Cara Tepat Mendidik Anak Laki-Laki

Panduan tersebut berisi informasi seputar bullying dan langkah apa saja yang perlu dilakukan jika kamu menyaksikan aksi bullying. Selain itu, ada juga tips memanfaatkan internet dengan cerdas, termasuk berbagai fitur keamanan di TikTok.

Dengan panduan tersebut, pengguna diharapkan dapat memahami cara berinternet sehat dengan memanfaatkan berbagi tools yang disediakan.

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya