she.id

Covid-19, Inilah Nama Resmi Virus Corona dari WHO

Covid-19, Inilah Nama Resmi Virus Corona dari WHO
Tedros Adhanom dalam konferensi sains internasional di Jenewa (Foto: Reuters)

She - World Health Organization (WHO) yang merupakan badan kesehatan dunia mengumumkan nama resmi virus corona yaitu Covid-19, Selasa (11/02/20).

Pengumuman tersebut dinyatakan langsung oleh Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers di Jenewa, Swiss.

Dilansir AFP, Tedros menjelaskan “co” untuk corona, “vi” untuk virus, “d” untuk disease (penyakit), dan “19” merujuk tahun kemunculannya yaitu 2019.

Pemberian nama resmi itu bertujuan untuk menghindari stigma terkait lokasi spesifik, spesies binatang tertentu, juga suku dan bangsa.

Sebelum Covid-19, WHO memberi nama sementara “penyakit pernapasan akut parah 2019-nCov”. Sedangkan China memberi nama “pneumonia coronavirus baru” yang disingkat NCP.

Pengumuman nama resmi tersebut dilakukan pada hari pertama konferensi sains internasional yang akan membahas opsi vaksin penangkal Covid-19. Para ilmuwan mulai menemukan titik terang sebagai ‘peluang yang realistis’ untuk memerangi virus corona.

[baca_juga]

Covid-19 pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Hingga medio Februari 2020, korban terinfeksi virus corona mencapai lebih dari 1000 orang.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya