she.id

Waspada, 3 Masalah Kesehatan Ini Muncul Akibat Kesepian

Waspada, 3 Masalah Kesehatan Ini Muncul Akibat Kesepian
Setiap manusia butuh teman untuk semangat hidup lebih lama. (inspirationfeed)

She - Banyak orang bisa merasa kesepian meski berada di tempat yang ramai. Di sebuah pesta misalnya, ketidaknyamanan bisa membuatmu merasa seolah sendirian.

Akan sangat berbahaya jika kesepian yang kita rasakan bukan hanya bersifat sementara –seperti di pesta tadi. Jika kamu memilih menarik diri dari pergaulan, karena kehilangan keyakinan diri atau kehilangan kepercayaan terhadap orang lain, maka kamu akan dilanda kesepian teramat mendalam.

Hati-hati, sahabat She. Manusia sejatinya adalah makhluk sosial. Kamu butuh untuk berteman, menjalin hubungan dengan orang lain, bertukar pikiran, bercengkerama, dan saling tolong-menolong dalam mengatasi kesulitan hidup.

Para ilmuwan membuktikan bahwa kesepian bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Nah, berikut ini 3 masalah kesehatan yang bisa mengintai kamu yang dilanda kesepian, melansir CNN.

1# Meningkatkan risiko demensia. Sebuah studi yang melibatkan 2200 orang berusia 65-86 tahun di Amsterdam tahun 2012 memperlihatkan hasil bahwa responden yang mengaku kesepian lebih berisiko mengalami demensia.  Hampir dua per tiga dari mereka yang mengaku mengalami demensia adalah perempuan.

2# Meningkatkan risiko kematian dini. Diikuti 45 ribu responden, dua studi di tahun 2012 juga menemukan fakta bahwa mereka yang merasa kesepian, ditinggalkan, dan diisolasi (tinggal sendirian) dan berisiko memiliki penyakit jantung, stroke, atau komplikasi lain, bisa meninggal 4 tahun lebih cepat karena penyakit-penyakit tersebut dibandingkan mereka yang tidak tinggal sendiri.

Baca Juga: Kamu Alami 3 Hal Ini? Segera Hentikan Kebiasaan Makan Junk Food
Gangguan Psikosomatik, Cemas Berlebih Yang Sebabkan Sakit

3# Merusak jantung. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 pada 93 orang dewasa ini sebenarnya hanya menemukan korelasi antara kesepian dan ekspresi gen. Namun sulit dipastikan mana yang menjadi pemicunya. Steven Cole—co author penelitian ini—menyarankan mereka yang tidak mampu menghilangkan rasa kesepian untuk mengonsumsi obat antiinflamasi. Manusia seharusnya memiliki respon inflamasi terhadap kerusakan jaringan. Namun pada jangka panjang, inflamasi jangka panjang dapat memicu penyakit jantung dan kanker.

 

Artikel ini bermanfaat?
sekarang juga!

komentar

Terbaru Lainnya