she.id

Mereka Tiga Kartini Inspirasi Masa Kini

She -  Sejarah negara ini tidak terlepas dengan peran para tokoh wanita Indonesia yang tentunya membawa perubahan dengan perjuangan yang nyata. Dulu, tokoh-tokoh wanita seperti Cut Nyak Dien, Raden Ajeng Kartini, dan Hj. Fatmawati Soekarno menjadi wanita-wanita Indonesia yang mampu menaikan derajat wanita. Mereka mampu mengiringi perubahan Indonesia agar wanita-wanita Indonesia dapat maju dan mandiri.  Namun di zaman sekarang, siapakah tokoh-tokoh wanita yang membawa perubahan untuk Tanah Air tercinta kita ini ?

1. Susi Pudjiastuti

Susi, Wanita yang unik, eksentrik dan dikenal dengan kebijakannya yang berani, beliau adalah Menteri Kelautan dan Perikanan ke-6 Indonesia. Ibu Susi dikenal dengan kebijakannya dalam meledakkan dan menenggelamkan kapal nelayan asing, untuk menangani kasus pencurian ikan. Susi bisa dibilang juga seorang pengusaha yang sukses. Di bidang perikanan, ia mempunyai PT. ASI Pudijastuti Marine Product, dan di bidang penerbangan ada PT. ASI Pudjiastuti Aviation, yang dikenal dengan maskapai penerbangan Susi Air.


Perusahaan yang beliau miliki sekarang adalah berkat kerja kerasnya yang sudah ia lakukan sejak berhenti dari bangku kelas SMAN 1 Yogyakarta. Semuanya yang ia capai tentunya perlu perjuangan yang besar serat dengan hambatan.  Bahkan ia mengawali usaha dengan menjadi pengepul ikan di Pantai Pangandaran.

2. Tri Rismaharini

Risma adalah Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 17 Februari 2016. Beliau menjadi walikota Surabaya pertama yang dipilih secara langsung. Tri Rismaharini menjadi tokoh yang dicintai sekaligus dihormati oleh masyarakat Surabaya karena kebijakan-kebijakannya. Risma merenovasi ulang kota Surabaya dan menambahkan banyak fasilitas umum seperti taman, perpustakaan, dan fasilitas olahraga.

Berkat hasil kerjanya, ia meraih prestasi dari nasional dan internasional. Di tahun 2011 ia berhasil mengantarkan kota Surabaya kepada piala Adipura, dan di tahun 2012 ia menjadi salah satu nominasi walikota terbaik di dunia di 2012 World Mayor Prize yang diadakan oleh The City Mayor Foundation.

Salah satu kebijakannya yang kontroversial adalah menutup lokasi pelacuran terkenal Dolly. Bahkan dalam proses penutupannya, ia tetap berani dan tak gentar oleh banyaknya kecaman dan ancaman dari kelompok-kelompok tertentu.

3. Sri Mulyani

Sri Mulyani adalah orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Beliau pernah menjadi dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini dikenal sebagai ekonom yang cerdas, serta mempunyai karir yang mengagumkan. 

Sehingga ia dipanggil kembali oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro.

Karena perannya yang sangat penting dalam ekonomi Indonesia dan Dunia, Sri Mulyani mendapatkan beberapa penghargaan. Di bulan Oktober 2007 ia diberi penghargaan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi Majalah Globe Asia, dan menteri keuangan Asia terbaik tahun 2006 dari Emerging Markets.

 

Berita Terkait:Makna Hari Kartini Bagi Dian Sastro Pemeran Kartini
Sosok Kartini di Mata Happy Salma
Komunitas Jurnalis Perempuan Berbagi di Hari Kartini
Lomba Fashion Show Nusantara Diikuti 100 Murid Anak TK
10 Fakta RA Kartini Akan Diungkap di Film Terbaru Dian Sastro
Foto: Kuatnya Keinginan Anak Irak Kembali ke Sekolah
Foto: Mahershala Ali, Aktor Muslim Pertama Penerima Oscar
Gadis Afghanistan Melawan Prasangka dengan Seni Bela Diri
Foto: Pameran Ikon Pop Amerika di Museum London
Foto: Pro-kontra Aborsi di 45 Negara Bagian AS
Mereka Tiga Kartini Inspirasi Masa Kini
HIFU Perawatan Ultrasound untuk Peremajaan Kulit
Tips Hidup Sehat Ala Melanie Putria
Tips Hidup Sehat Ala Melanie Putria
Keren! Nike Kampanyekan Pakaian Pro Hijab

#Jakarta #Tri Rismaharini #Susi Pudjiastuti #Menteri Susi Pudjiastuti #Sri Mulyani Indrawati #Hari Kartini #Perayaan Hari Kartini

komentar

Terbaru Lainnya